7 Bahaya Kulit Kering Yang Perlu Diwaspadai

Wed, 18 May 2016 14:10
Kulit-kering-dan-gatal-750x400.jpg

Bahaya kulit kering ternyata tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga kesehatan. Menurut dr. Margaretha Indah Maharani, Sp. KK, anggota redaksi medis dari Klikdokter.com, ada bahaya yang perlu kita waspadai jika memiliki kondisi kulit wajah dan tubuh yang kering. Apa saja bahayanya? Langsung saja simak beberapa pembahasannya.

 

1. Tampilan kurang menarik

Kulit yang kering memiliki tekstur yang kaku dengan permukaan yang lebih kasar dan kusam. Tampilan kulit seperti ini tentunya membuat penampilan kulit kamu menjadi tak menarik dan akhirnya bisa mempengaruhi kepercayaan diri kamu. Salah menggunakan sabun mandi juga bisa memicu kulit kering. Gunakan sabun Dove yang diperkaya dengan moisturizer dan mampu menjaga kulit tetap lembab sepanjang hari.

 

2. Mudah berkeriput

Saat wajah memiliki kulit yang kering, tampilan wajah akan terlihat lebih tua. Hal ini dikarenakan garis-garis kulit menjadi lebih terlihat karena kekenyalan kulit menghilang. Kerutan yang terjadi inilah yang membuat wajah terlihat lebih tua. Duh! Selalu lindungi kesehatan kulit wajah dengan rangkaian produk kecantikan dari Pond’s agar bahaya kulit kering tak menghampiri kamu.

 

3. Iritasi

Iritasi menjadi bahaya kulit kering lainnya yang perlu diwaspadai. Kemampuan perlindungan kulit menurun dan membuat kulit lebih sensitif terhadap zat penyebab alergi dan iritasi pada bahan kosmetik atau skincare. Bahkan jika kamu memiliki alergi debu pun menjadi lebih rentan mengalami kelainan kulit dibandingkan dengan yang kondisi kulit yang lembab.

 

4. Resiko infeksi

Kulit kering lebih rentan terhadap kuman. Pada kulit kering terdapat mikrolesi yang dapat menjadi pintu masuk bagi kuman, sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit.

 

5. Mudah terluka

Kulit yang kering lebih rapuh sehingga mudah terluka dan lecet. Gesekan atau benturan ringan pun dapat menyebabkan luka yang lebih besar ketimbang kulit lembab. Kamu pasti gak mau memiliki bekas luka di tubuh.

 

6. Rasa gatal

Rasa gatal kerap menghampiri orang yang memiliki kondisi kulit kering. Hal ini disebabkan karena kulit kering mencetuskan reaksi peradangan pada kulit. Garukan ringan pun akan memicu peradangan. Alih-alih menggaruk untuk menghilangkan rasa gatal, malah semakin memperparah sensasi gatalnya.

 

7. Jerawat meradang

Siapa bilang jerawat hanya menghampiri kulit berminyak? Nyatanya, kulit kering juga memiliki resiko yang sama. Bahkan dengan kondisi kulit yang kering, proses menghilangkan jerawat akan berjalan lebih lama. Alhasil kulit semakin sensitif dan reaksi peradangan semakin hebat. Kemungkinan untuk timbul jerawat lain malah semakin besar.

 

Sumber: www.klikdokter.com (dikembangkan bersama Dove Beauty Bar)

 

Hiii, ternyata seram juga bahaya kulit kering yang bisa saja terjadi pada kulit kita. Mengingat saat bulan puasa tubuh kekurangan cairan dan bisa berdampak pada kesehatan kulit, selalu pastikan kamu mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer