Cek 7 Cara Keramas yang Benar untuk Para Hijabers

Wed, 31 May 2017 18:10

Hijabers, yakin selama ini kamu sudah melakukan cara keramas yang benar? Memangnya beda, ya, cara keramas untuk yang berhijab dan tidak berhijab? Jawabannya, ya, tentu berbeda. Rambut yang tertutup hijab sepanjang hari, membutuhkan perawatan khusus dari dalam. Bagi wanita berhijab, rambut sangat rentan terkena ketombe dan rawan rontok, karena selama memakai hijab, tentu kulit kepala jadi sulit untuk bernapas.

Ada tips dan trik khusus merawat kulit kepala bagi kamu yang berhijab. Salah satunya adalah dengan mengatur ulang cara keramas kamu selama ini. Menurut para beauty expert, sebagian besar dari kamu membuat berbagai kesalahan saat sedang ‘menyabuni’ rambut. Itu juga sebabnya kenapa hasil keramas di salon terasa sangat berbeda dengan saat kamu melakukannya sendiri di rumah.

Hasil cara keramas yang benar akan membuat rambut terasa bersih, ringan, dan nggak lepek. Bahkan, kalau kamu mencuci rambut dengan benar, kamu sebenarnya nggak perlu mencuci rambut setiap hari, dan cukup melakukannya 2-3 kali saja dalam seminggu. Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan supaya hasil keramas kamu bisa maksimal sepenuhnya.

1/ Basahi Rambut dengan Air Hangat

Saat memulai keramas, pertama-tama basahi dulu rambut dengan air hangat. Kenapa air hangat? Karena air hangat bisa membuka pori-pori kulit kepala serta meluruhkan kotoran dan minyak yang mengotori rambut.

2/ Gunakan Shampo yang Benar

Sebaiknya kamu keramas menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Kamu bisa gunakan shampo yang khusus untuk cewek berhijab, seperti Sunsilk Hijab Refresh yang mengandung antioksidan. Kamu juga harus menggunakan shampo dalam takaran yang pas. Jika rambutmu pendek, cukup gunakan shampoo seukuran biji jagung saja. Sedangkan bagi pemilik rambut sedang, gunakan shampo dengan diameter 2,5 cm, dan 3 cm untuk rambut panjang.

3/ Cara Memijat Saat Keramas

Cara memijat yang benar saat keramas juga penting, nih. Tuang shampo secukupnya di telapak tangan, lalu usap secara merata dari mulai kulit kepala hingga ke ujung rambut. Kemudian pijat perlahan kulit kepala dengan ujung jari. Sebaiknya tidak menggosok kulit kepala dengan keras karena bisa menyebabkan iritasi.

4/ Bilas dengan Air Dingin

Setelah dirasa cukup bersih, bilaslah dengan menggunakan air dingin. Suhu air yang dingin bisa menutup kembali pori-pori kepala sehingga nutrisi dari shampo tetap terjaga.  

5/ Pakailah Kondisioner Usai Keramas 

Selesai membilas shampo, jangan lupa mengaplikasikan kondisioner. Kondisioner penting untuk memberikan nutrisi tambahan bagi rambut dan membantu menjaga kelembapannya. 

6/ Sisir Secara Perlahan

Saat rambut masih basah, sisirlah secara perlahan dengan menggunakan sisir yang sikatnya tidak rapat. Hal ini dilakukan agar rambut tidak kusut dan lebih mudah ditata saat kering.  

7/ Keringkan dulu Sebelum Memakai Hijab

Sebelum memakai hijab, pastikan rambut kamu benar-benar sudah kering. Jika memakai hijab di saat rambut masih lembap, maka akan menimbulkan bau dan membuat rambut jadi berketombe.

Ayo, mulailah mencoba cara keramas yang benar agar rambut di balik hijab kamu tetap sehat, kuat dan terawat. Jangan salah lagi, ya!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer