Ingin Membuat Sayur Lodeh Tanpa Santan? Ini 3 Bahan Penggantinya

Sun, 26 June 2016 09:22

Sayur lodeh termasuk menu sayur kesukaan keluargamu? Yuk, sajikan sayuran berkuah santan  ini sebagai menu berbuka hari ini. Cita rasanya gurih dan lezat. Tetapi, sebagian orang ada yang mengurangi santan karena kandungan asam lemaknya yang cukup tinggi. Meski sama sekali tidak mengandung kolesterol -karena santan adalah lemak nabatinamun asam lemak jenuh dalam santan juga bisa memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuhApakah artinya orang yang ingin mengurangi konsumsi santan jadi tidak bisa menikmati sedapnya sayur lodeh? Tentu tidak! Santan bisa digantikan dengan bahan-bahan lain, kok, walau cita rasa gurihnya tentu tidak bisa sama 100%. 

Beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti santan dalam masakan di antaranya adalah: 

Susu 

Susu skim ataupun susu full cream bisa jadi pilihan kamu untuk menggantikan santan dalam sayur lodeh. Susu juga mengandung lemak, tetapi dalam jumlah yang sama (100 ml), kandungan lemak pada santan lebih tinggi daripada susu. Apalagi jika menggunakan susu skim atau  susu rendah lemak Kamu juga bisa mencampur susu rendah lemak dan susu full cream sebagai pengganti santan. Misalnya 250 ml santan digantikan dengan campuran 125 ml susu skim dan 125 ml full cream. Yang perlu diingat, sama seperti memasak santan susu mudah pecah saat dipanaskan. Hati-hati saat memasaknya.   

Susu Kedelai 

Bagi mereka yang memiliki masalah intoleransi laktosa (lactose intolerance), susu kedelai bisa menjadi pengganti susu sapi. Takaran susu kedelai dalam resep adalah separuh dari takaran santan. Misalnya, kalau sayur lodeh menggunakan 500 ml santan, maka gantikan santan dengan 250 ml susu kedelai dan 250 ml air agar susu kedelai tidak terlalu kental dan cita rasanya tidak terlalu langu.  

Pasta Kacang 

Rendam kacang almond atau kacang mete selama semalaman, lalu blender bersama air hangat atau susu. Pasta yang terbentuk bisa memberikan rasa gurih serta memberikan tekstur lebih kental dari penggunaan santan. 

 

Salah satu resep sayur lodeh yang bisa kamu coba adalah Lodeh Lebaran. Dari namanya saja sudah menunjukkan kalau Sayur Lodeh istimewa ini cocok dihidangkan saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, ya. Simak pula tips membuat sayur lodeh agar terasa semakin sedap. Tentunya, penambahan Royco Kaldu Ayam pada sajian ini adalah salah satu faktor kunci yang tidak boleh terlewatkan demi membuat sayur lodeh yang mantap 

Ingin sayur lodeh buatanmu semakin unik? Kamu bisa mengkreasikan bahan-bahan sayur lodeh dengan variasi bahan lainnya. Sayur lodeh yang istimewa pun siap tersaji sebagai hidangan buka puasa yang lezat. 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer