Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Ini yang Perlu Kamu Ketahui

Sun, 19 May 2019 23:21
02Doa-Buka-Puasa-Sesuai-Sunnah_750x400.jpg

 

Apakah selama ini doa yang kamu bacakan saat adzan magrib berkumandang sudah termasuk doa buka puasa sesuai sunnah? Mungkin belum banyak yang mengetahui kalau doa buka puasa yang selama ini sudah dikenal secara umum dan dihafal oleh semua orang ternyata diambil dari hadis yang lemah. Bagaimana penjelasannya?  

Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah

Setelah dikaji lebih dalam oleh para alim ulama, ditemukan doa yang lebih shahih, lebih dapat dipertanggung jawabkan riwayatnya. Seperti apa doa buka puasa sesuai sunnah?

 

Nabi Muhammad, apabila beliau berbuka, beliau membaca : “Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.” (HR. Abu Daud 2357)

Yang artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.”

Doa ini bukan dibaca untuk membatalkan puasa, namun baru dibaca setelah kamu mulai membatalkan puasa (dengan makan atau minum). Sebelum menyantap makan atau minuman buka puasa, kamu tetap membaca Basmalah. Dilihat dari arti doa ini, yang menyatakan bahwa: ‘telah hilang dahaga ...” artinya tentu puasa sudah dibatalkan dengan meneguk air yang menghilangkan haus dan membasahi kerongkongan.

Apa Makna dari Sunnah?

Belakangan ini kata “sunnah” pasti sering kamu dengar. Apa sebenarnya artinya? Selama ini kamu mungkin lebih memahami sunnah sebagai hukum dari suatu amalan dilihat dari ilmu fiqih. Ada wajib, ada sunnah, ada pula yang haram. Jika amalan wajib itu tidak dikerjakan akan mendapat dosa, sedangkan amalan sunnah jika tidak dikerjakan tidak berdosa. Begitu pemahaman awam terhadap istilah sunnah.

 

Namun, sunnah yang kini banyak dibicarakan bukan mengacu pada arti tersebut. Sunnah merupakan segala sesuatu yang dicontohkan atau jalan yang ditempuh oleh Nabi Muhammad. Mengikuti jalan Nabi tentunya akan membawa kebaikan karena beliau pernah bersabda: “Sesungguhnya telah aku tinggalkan dua hal bagi kalian sehingga kalian tidak akan tersesat selamanya setelah berpegang teguh dengan kedua hal tersebut: (yaitu) Kitabullah dan sunnahku.”

Mari mulai hafalkan dan amalkan doa buka puasa sesuai sunnah di atas, ya. Pelan-pelan, ajarkan juga kepada anggota keluargamu yang lain!

 

 

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer