Cara Membuat Martabak Mie, Menu Lezat Untuk Buka Puasa

Sat, 18 June 2016 23:52

Ingin tahu cara membuat martabak mie yang mudah dan menggoyang lidah? Berdasarkan cita rasanya, martabak di Indonesia dibagi menjadi dua jenis, yaitu martabak manis dan asin/gurih. Martabak manis kini hadir dalam beberapa versi berbeda, yaitu versi tebal dan besar dengan tekstur empuk, versi mini ukuran seporsi, dan versi tipis kering alias tipker. Dulunya martabak manis hanya terdiri beberapa topping, seperti unti kelapa ketan hitam, coklat, wijen, kacang, dan keju. Namun kini topping martabak manis tak terbatas dan semakin bervariasi.   

 

Martabak asin/gurih yang juga populer dengan sebutan martabak telur biasanya dibuat dengan campuran telur ayam atau telur bebek, tumisan daging cincang berbumbu, irisan bawang bombay, dan daun bawang. Disantap dengan pendamping acar mentimun dan cabai rawit. Sedap! 

  

Di bulan puasa ini, mari membuat sendiri martabak gurih dengan gaya yang sedikit berbeda. Tak perlu repot membuat kulit martabak yang bisa memakan waktu berjam-jam, kali ini kamu bisa menggunakan kulit lumpia siap pakai yang banyak dijual di pasaran 

 

Supaya lebih praktis dan mudah, gunakan daging kornet sebagai bahan isiannya. Campurkan juga dengan mie telor yang sudah direbus supaya martabak kamu lebih mengenyangkan  Jika suka dengan rasa pedas, tambahkan irisan tipis cabai rawit ke dalam resep cara membuat martabak mie ini. Agar rasanya tak kalah dengan martabak telor yang banyak dijual, jangan lupa untuk menambahkan Royco Kaldu Sapi dalam adonan isinya 

  

Bahan-bahan: 

1 bungkus Royco Kaldu Sapi 

4 butir telur ayam/bebek 

100 gr mie telor 

50 gr kornet 

1 batang daun bawang 

12 lembar kulit lumpia 

1 sdm tepung terigu 

1 sdm air 

Minyak untuk menggoreng 

 Cara membuat martabak mie: 

  1. Campurkan Royco Kaldu Sapi, telur, mie, kornet dan daun bawang.
  2. Aduk rata tepung terigu dan air dalam wadah terpisah sebagai perekat.
  3. Letakkan campuran mie di tengah kulit lumpia.
  4. Lipat kotak dan rekatkan dengan perekat.
  5. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.

  

Mudah, kan, cara membuat martabak mie sedap ini? Yuk, waktunya beranjak ke dapur dan mulai mempersiapkan untuk buka puasa nanti. 

 

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer