Inspirasi Menu Buka Puasa Yang Sehat Untuk Mengembalikan Stamina Tubuh

Sun, 19 May 2019 23:22
11Inspirasi-Menu-Buka-Puasa-yang_750x400.jpg

Setelah seharian berpuasa, tubuh membutuhkan menu buka puasa yang sehat agar stamina tubuh kembali pulih. Untuk itu, selalu konsumsi sajian buka puasa yang penuh nutrisi. Beberapa inspirasi berikut bisa kamu coba sebagai menu pembuka di awal-awal puasa, saat tubuh masih beradaptasi dengan rutinitas puasa.

 

1. Air kelapa

Selain menghilangkan rasa haus, air kelapa mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang secara cepat. Kandungan mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, dan kalium yang terkandung di dalamnya merupakan rahasia yang membuat tubuh kamu terasa segar. Selain nikmat diminum langsung, kamu bisa coba mengolah air kelapa menjadi jeli. Potong-potong jeli dan jadikan sebagai topping es krim Wall’s favorit kamu.

 

Kurmapilihan menu buka puasa yang sehat. (FotoShutterstock) 

 

2. Kurma

Buah kurma menjadi salah satu asupan buka puasa sehat yang kerap dikonsumsi. Tingginya kandungan gula alami dalam buah kurma, mampu memberikan energi untuk tubuh secara cepat. Meski buah ini banyak manfaatnya bagi kesehatan, sayangnya tak sedikit orang yang kurang suka menyantap buah ini. Jika kamu salah satunya, kamu bisa mencoba untuk mengolah buah kurma menjadi campuran dalam smoothies favorit kamu. Atau mencampurkan potongan kurma pada adonan butter cake dengan rasa vanilla. Karena kelezatan rasanya, es krim Wall's bahkan meluncurkan Wall's Arabian Delight yang mengandung kebaikan buah yang satu ini. Coba saja, pasti ketagihan!

 

3. Buah tinggi kandungan air

Buah dengan kandungan air tinggi bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang sehat. Kandungan airnya bisa segera mengembalikan kebutuhan cairan tubuh setelah sehari penuh berpuasa. Blewah, timun suri, semangka, atau melon bisa menjadi pilihan buah yang cocok untuk dikonsumsi.

 

4. Pisang

Kamu masih terjebak dalam kemacetan saat azan magrib menggema? Selalu sediakan buah pisang yang bisa kamu santap saat harus berbuka puasa di perjalanan. Selain mengandung nutrisi yang cukup lengkap, kandungan karbohidratnya mampu membuat tubuh merasa kenyang dan mengembalikan stamina tubuh. Saat di rumah, pisang bisa kamu olah menjadi sajian pisang epe, pisang kukus, banana nugget, kolak pisang, martabak pisang, hingga banana cake.

 

Menu buka puasa yang sehat sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks. (FotoShutterstock) 

 

5. Konsumsi karbohidrat

Setelah berbuka dengan sajian ringan, saatnya makan besar! Pilih karbohidrat kompleks untuk mengembalikan energi tubuh, seperti beras merah, kentang, gandum, hingga roti. Jika ingin menu yang siap dalam sekejap, buat saja nasi goreng jamur. Nasi putihnya bisa kamu ganti dengan nasi merah yang lebih sehat. Sebagai kunci kelezatan, jangan lupa untuk menambahkan Royco Kaldu Ayam dalam hidangan nasi goreng kamu.

 

6. Sayuran hijau

Selama berpuasa, sistem pencernaan kita beristirahat cukup lama. Saat berbuka sebaiknya awali dengan mengonsumsi makanan yang ringan. Contohnya saja sayur hijau yang bisa kamu santap dalam bentuk salad, sup, hingga tumisan. Mengonsumsi sayuran berarti memberikan asupan serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh kamu.

 

7. Makanan tinggi protein

Menu buka puasa yang sehat juga harus dilengkapi dengan konsumsi protein. Ikan dan ayam bisa menjadi pilihan sumber protein untuk menu buka puasa yang sehat. Menu ikan bakar bisa menjadi lauk buka puasa di akhir pekan bersama keluarga. Lumuri ikan dengan jeruk nipis terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amisnya. Kemudian olesi seluruh permukaan ikan dengan campuran Bango Kecap Manis dan racikan bumbu halus, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, hingga ketumbar. Tinggal dibakar hingga matang, ikan bakar lezat siap disantap.

 

Jadi, sudah tahu menu buka puasa yang sehat untuk awal puasa kamu? Selalu pastikan asupan buka puasa kamu memiliki komponen yang seimbang, ya. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer