Resep Tahu Schotel Lezat dan Mudah untuk Sahur dan Buka Puasa

Sat, 18 June 2016 23:59

Saat diburu waktu menyiapkan lauk untuk sahur dan berbuka, tahu schotel bisa menjadi menu penyelamat kamu. Selain bahannya yang cukup mudah didapat, proses pemasakannya juga tidak memakan waktu yang lama. Kamu pun bisa menambahkan bahan-bahan lain, seperti sayuran dan daging, agar schotel lebih padat gizi sehingga kamu tak perlu meracik sajian lainnya. Soal rasa tentu tidak perlu diragukan lagi, berkat penambahan Royco Kaldu Sapi dalam resep tahu ini. Yuk, coba untuk membuatnya di rumah!

 

Bahan Membuat Tahu Schotel:

500 gr tahu sutra

100 gr kornet

100 gr bayam, potong kecil-kecil

3 butir telur ayam

50 gr keju parut cheddar

1 bks Royco Kaldu Sapi

 

Cara Membuat Tahu Schotel:

- Aduk tahu, daging giling/kornet, bayam, Royco Kaldu Sapi dan telur sampai rata

- Masukkan ke dalam wadah tahan panas

- Taburi parutan keju

- Kukus dalam dandang panas selama 20 menit hingga matang

- Sajikan hangat.

 

5 Cara Membuat Tahu Schotel Lebih Bervariasi 

Untuk meningkatkan cita rasa dan tampilan tahu schotel kamu, beberapa cara berikut bisa kamu coba. 

  1. Kombinasikan dengan bahan lain untuk memperkaya rasa

Perkaya rasa dengan menambahkan beberapa bahan masakan. Misalnya potongan tomat, daun bawang, daun kemangi, ketumbar bubuk, bawang putih, bawang bombay, daun jeruk, hingga kecombrang. Kamu bebas berkreasi sesuai selera. 

  1. Tak ada tahu sutra? ganti dengan tahu ini

Penggunaan tahu sutra dalam resep tahu ini bisa kamu ganti dengan varian tahu lainnya. Sebaiknya, pilih tahu dengan tekstur yang menyerupai tahu sutra, seperti tahu susu atau tahu Cina yang lembut.

  1. Pilihan daging lain pengganti kornet

Jika tidak suka dengan kornet, ganti dengan cincangan daging ayam, sapi, udang, atau potongan sosis favorit kamu. Jika ingin daging yang masih bertekstur, cincang kasar daging atau cukup dipotong dalam bentuk dadu kecil.

  1. Tambahkan telur bebek dalam adonan

Mengganti beberapa butir telur ayam dengan telur bebek juga bisa dilakukan. Telur bebek kerap digunakan sebagai pengganti telur ayam dalam beberapa hidangan, seperti kerak telor atau martabak telur, karena mampu menghasilkan rasa sajian yang lebih gurih. 

  1. Buat tampilan tahu schotel lebih menarik

Selain untuk lauk sahur dan berbuka keluarga, olahan tahu ini juga cocok disajikan sebagai menu di acara potluck buka puasa. Untuk meningkatkan tampilannya, buat tahu schotel dalam wadah ramekin yang warna-warni.

 

Setelah membaca tips membuat tahu schotel lebih bervariasi, kini waktunya kamu mulai berkreasi di dapur. Selamat mencoba!

 

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer