Jusuf Kalla Sebut Bersih-Bersih Masjid Tak Hanya Secara Fisik Tapi Juga untuk Cegah Radikalisme

Tue, 04 June 2019 16:44
Wakil-presiden-jusuf-kalla-memberikan-sambutan-program-bersih-bersih-masjid.jpg

Caption: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan sambutannya dalam program Bersih-Bersih Masjid (Sumber: Jawa Pos)

 

Program Bersih-Bersih Masjid yang digaungkan oleh Jusuf Kalla ini merupakan hasil kolaborasi dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan perusahaan Unilever Indonesia. Tahun ini adalah tahun ketiga berlangsungnya gerakan nasional ini. Sebagai Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, akhir April 2019 lalu, dalam sambutannya di Istana Wapres Kebon Sirih, JK kembali mengajak segenap masyarakat muslim untuk mendukung dan menyukseskan program yang dilakukan di 2.000 masjid yang ada di 13 kota di Pulau Jawa ini.

 

Menjaga kebersihan masjid yang menjadi sentral dalam segala aktivitas ibadah sudah sepatutnya menjadi kewajiban umat muslim. Sebab Allah sangat mencintai kebersihan. Sebagaimana dikatakan Rasulullah dalam salah satu hadist yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan, murah hati dan senang kepada kemurahan hati, dermawan dan senang kepada kedermawanan, karena itu bersihkanlah halaman rumahmu dan jangan meniru-niru orang-orang Yahudi” (HR Tirmidzi). Apabilan rumah saja diperintahkan untuk dibersihkan, apalagi masjid yang merupakan rumah Allah?

 

Menurut JK, masjid yang bersih akan menjadi salah satu penunjang dalam menciptakan kenyamanan saat beribadah. Karena itu semangat membersihkan masjid , terutama di bulan suci Ramadhan, harus terus dipertahankan. Namun, selain kebersihkan fisik, JK menekankan bahwa kebersihan dari unsur radikalisme di masjid juga tak kalah penting. Sebab, masjid juga menjadi tempat dalam menyebarkan ilmu agama islam yang sesuai dengan tuntunan-Nya.

 

Upaya untuk cegah radikalisme dapat dimulai dengan teliti dalam memilih nama-nama pengisi ceramah yang akan berdakwah di masjid. JK mengatakan bahwa DMI telah membuat sistem untuk mencari  para ustaz atau penceramah yang dapat memberi tausiyah yang membersihkan jiwa, guna mencegah terjadinya penyebaran paham radikalisme. Hal ini merupakan semangat bersih-bersih lain yang juga penting bagi JK.

 

Bagaimana dengan masjid di sekitar rumahmu? Dengan spirit yang sama, yuk, canangkan juga program bersih-bersih masjid di lingkungan kamu. Masjid yang bersih dengan suasana yang damai dan nyaman bisa kamu wujudkan!


Sumber:

https://ramadan.tempo.co/read/1200650/menjelang-ramadan-jk-dorong-bersih-bersih-masjid-dilakukan

https://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/pqs1aa335/jk-ajak-bersihkan-masjid-dari-radikalisme

https://www.jawapos.com/photo/program-bersih-bersih-masjid/

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/04/30/jelang-bulan-suci-ramadan-jusuf-kalla-dorong-gerakan-masjid-bersih

https://kumparan.com/@kumparannews/jk-dukung-program-masjid-bersih-dan-seleksi-ustaz-cegah-radikalisme-1qzHhz2SEPD

https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/jk-dukung-program-masjid-bersih-dan-seleksi-ustaz-cegah-radikalisme/ar-AAAJ2Xp

https://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/pqs1aa335/jk-ajak-bersihkan-masjid-dari-radikalisme

https://video.jpnn.com/view/25864/jk-pelopori-aksi-serentak-bersih-bersih-2-ribu-masjid

https://gardanasional.id/post/11293/pegurus-masjid-hingga-ustadz-berperan-bersihkan-bibit-radikalisme-kata-jusuf-kalla

http://berita.baca.co.id/32132071?origin=relative&pageId=568a680c-035f-4e62-906c-afdd0b2cdcc4&PageIndex=1#list

http://berita.baca.co.id/32148417?origin=search&n=1&pageId=2af770e0-9c4b-467c-8b15-adf2def86711&PageIndex=1&ab=views&m=2&u=wap_52ecb6096d9b1bccf57e71048d4ab0e5

https://celebesmedia.id/foto/artikel/1013300419/celebesfoto-wapres-ri-buka-program-bersih-bersih-masjid

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer