6 Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Membedakannya dengan Bulan Lain

Mon, 06 May 2019 22:07
Ramadhan-Berbagi--Keistimewaan-Bulan-Ramadhan--featured-image750x400.jpg

Ada banyak keistimewaan bulan Ramadhan yang tak akan kita temukan di bulan-bulan lain. Oleh sebab itu, akan sangat rugi jika kita tidak bisa memaksimalkannya. Bayangkan saja, jika sudah berlalu, kita harus sabar menanti satu tahun lagi untuk dapat menikmati segala bentuk kebaikan yang ada di bulan suci ini. Mari berlomba meraih manfaatnya! 

 

Keistimewaan bulan Ramadhan bagi  yang menjalankan ibadah umrah adalah menerima pahala yang menyamai pahala ibadah haji. (Foto: Shutterstock)  

1. Pahala umrah di bulan Ramadhan sama seperti haji 

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan bisa dirasakan mereka yang menjalankan ibadah umrah di bulan ini, dimana pahala yang akan didapatkan menyamai pahala ibadah haji.  

“Jika datang bulan Ramadhan tunaikanlah umrah, karena umrah (di bulan Ramadhan) seperti haji”. Dalam riwayat Muslim: “(seperti) haji bersamaku,” (HR. Bukhari, no. 1782, dan Muslim, no. 1256). 

Tak heran jika travel-travel bertema religi gencar mempromosikan umrah Ramadhan. Selain mengharapkan pahala yang besar, melakukan umrah di bulan puasa akan memberi kesempatan juga untuk melaksanakan iktikaf di kedua masjid mulia, yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.  

 

2. Diberikan kemudahan jalan untuk menggapai keutamaan yang menghantarkan ke surga 

Keistimewaan bulan Ramadhan ini tertulis dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim. Bunyinya kira-kira sebagai berikut:  

“Bila telah tiba bulan Ramadhan, maka pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup, dan setan-setan  akan dibelenggu. 

Maksud dari hadis ini adalah bahwa  selama bulan Ramadhan, Allah memberikan kemudahan jalan untuk menggapai keutamaan yang menghantarkannya ke surga dan mencegah mereka dari kemaksiatan yang menghantarkan hambanya ke neraka.  

 

3. Pada setiap malamnya ada orang-orang yang Allah tetapkan bebas dari (siksa) neraka 

“Pada setiap (waktu) berbuka, Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari siksa neraka. Hadis ini mengisyaratkan betapa mulianya bulan Ramadhan karena dalam setiap malamnya ada orang-orang yang namanya ditulis dan ditetapkan oleh Allah akan terbebas dari api neraka kelak. Oleh karena itu, disarankan untuk banyak-banyak berdoa dengan sungguh-sungguh menjelang waktu berbuka. Manfaatkan bulan suci ini dengan melakukan ibadah penuh keikhlasan. Perbaiki diri dan luruskan niat.  

 

4. Segala amalan sunnah mendapat pahala ibadah wajib 

Semua ibadah yang dilakukan karena Allah, sekecil apapun akan diberi ganjaran yang berlipat. Selain melakukan ibadah-ibadah wajib, selama bulan suci Ramadhan, semua orang disarankan melakukan amalan-amalan sunnah seperti dizkir, membaca AL Quran, shalat sunnah, atau bersedekah. Amalan yang pada bulan-bulan lainnya hanya akan mendapatkan pahala sunnah, maka khusus di bulan ini, pahalanya akan dilipatgandakan hingga menjadi setara dengan pahala ibadah wajib.  

 

5. Belajar untuk sabar dan meningkatkan ketakwaan 

Ramadhan juga merupakan bulan istimewa karena di bulan ini semua umat muslim diajarkan dan dibiasakan untuk bersabar. Tak hanya menahan diri dari rasa lapar dan haus, tapi juga dari nafsu amarah, iri, dengki, serta perbuatan buruk lainnya. Pada bulan ini juga semua insan berlomba-lomba meningkatkan ketakwaannya kepada Allah. Berusaha menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.  

 

Keistimewaan bulan Ramadhan membuat kehadirannya selalu dirindukan. (Foto: Shutterstock) 

6. Belajar berempati terhadap orang-orang yang kurang beruntung 

Dalam keadaan normal di bulan-bulan lainnya, membuang atau tidak menghabiskan makanan mungkin terkesan biasa-biasa saja. Namun dengan berpuasa, kita pasti akan merasakan bagaimana ‘nilai’ sepiring makanan yang terhidang di depan mata. Setelah menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam, kita akan merasakan berharganya makanan dan minuman. Selain itu, bulan ini pun memberikan pembelajaran untuk membantu sesama dengan memperbanyak sedekah.  

 

Begitu banyak keistimewaan bulan Ramadhan yang jika diamalkan dengan benar maka akan membawa kebaikan di dunia dan akhirat kelak. Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci yang penuh berkah ini. 

 

 

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer