Berikut Beberapa Badan Amil Zakat yang Bisa Menyalurkan Zakat Kamu!

Thu, 09 May 2019 11:00

Kamu kerap bingung memilih badan amil zakat untuk menyalurkan zakat-zakatmu? Siapapun yang berzakat tentunya berharap bahwa setiap zakat yang ditunaikannya dapat diterima dengan baik oleh orang-orang yang benar-benar membutuhkan. Niat mulia ini pastinya memerlukan penyaluran yang tepat dan dapat dipercaya. Beberapa badan amil zakat berikut dapat kamu jadikan pilihan. Semuanya sudah terdaftar resmi di Kementrian Agama Republik Indonesia.

 

BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

BAZNAS merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Dengan demikian, BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.
Info: www.baznas.go.id

 

zakat

Badan amil zakat juga dapat menyalurkan zakat fitrahmu. (Foto: Shutterstock)

 

DOMPET DHUAFA REPUBLIKA

Dompet Dhuafa adalah salah satu lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berujuan untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf).  Lembaga ini telah terdaftar pada daftar amil zakat Indonesia.

Diinisiasi oleh media Republika, kemudian lembaga ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat.  Kini, Dompet Dhuafa menjadi salah satu lembaga amil zakat terbesar dan terpercaya dalam mengolah dana ZISWAF. Beberapa program yang terbarunya, yaitu meliputi bidang pendidikan, kesehatan, sosial, sampai ekonomi yang telah tersebar ke seluruh Indonesia.
Info: www.zakat.or.id


INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI)

Walaupun baru diresmikan pada tahun 2015, Inisiatif Zakat Indonesia menjadi salah satu lembaga amil zakat yang telah terdaftar resmi dalam daftar LAZ dari Kemenag. Dengan temanya ‘memudahkan, dimudahkan’, IZI bertekad kuat untuk membangun lembaga zakat yang autentik yang sesuai sasaran ashnaf dan maqashid (tujuan) syariah.
Info: www.izi.or.id


LAZISMU (Lembaga Amil Zakat Muhamadiyah)

Institusi pengelola zakat tingkat nasional ini bergerak dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya, baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

Berdirinya LAZISMU dimaksudkan sebagai institusi pengelola zakat dengan manajemen modern yang dapat menghantarkan zakat menjadi bagian dari penyelesai masalah (problem solver) sosial masyarakat yang terus berkembang.
Info: www.lazismu.org

 

zakat2

Salurkan zakatmu kepada badan amil zakat terpercaya agar dapat bermanfaat kepada orang yang membutuhkan. (Foto: Shutterstock)

 

NU CARE LAZIS NU (Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Nahdatul Ulama)

NU CARE-LAZISNU adalah rebranding dan/atau sebagai pintu masuk agar masyarakat global mengenal Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Lembaga ini  berdiri pada tahun 2004 sebagai sarana untuk membantu masyarakat, sesuai amanat muktamar NU yang ke-31 di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

NU CARE-LAZISNU merupakan lembaga nirlaba milik perkumpulan Nahdlatul Ulama (NU) yang bertujuan, berkhidmat dalam rangka membantu kesejahteraan umat, mengangkat harkat sosial dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah serta Wakaf (ZISWAF).
Info: www.nucare.id

 

Yang mana pun badan amil zakat yang kamu pilih, tak masalah. Kelima lembaga di atas sudah terjamin dan dapat dipercaya untuk menyalurkan zakatmu kepada golongan orang yang membutuhkan dan berhak menerimanya. In syaa Allah berkah, ya!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer