Dewan Masjid Indonesia Melalui Program Bersih-Bersih Masjid Raih Penghargaan MURI

Tue, 04 June 2019 16:37
Pemberian-penghargaan-muri-untuk-program-bersih-bersih-masjid.jpg

Caption: Penyerahan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas kegiatan Bersih-bersih Masjid serentak di 2000 masjid di 13 kota di Pulau Jawa. (Sumber: Moeslim Choice)

 

Dewan Masjid Indonesia (DMI) melalui Program Bersih-Bersih Masjid yang digelar bersama perusahaan Unilever Indonesia tahun 2019 ini mendapatkan Penghargaan MURI untuk kategori Membersihkan Lantai Masjid Terbanyak secara Serentak. Tak main-main, gerakan ini melibatkan sebanyak 2.000 masjid yang ada di 13 kota di Pulau Jawa untuk dibersihkan secara serentak pada tanggal 28 April 2019.

 

Sebenarnya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, DMI bersama Kementrian Agama dan organisasi Islam memang sudah rutin menyelenggarakan program membersihkan masjid. Namun, kali ini kegiatan membersihkan masjid ini mendapatkan dukungan dari Unilever Indonesia. Program ini tak hanya bersih-bersih bagian dalam masjid saja, tapi juga turut membersihkan fasilitas penunjang, seperti toilet atau kamar mandi.

 

Menurut Ketua Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Andi Mappaganti, kegiatan bersih-bersih masjid bersama Unilever ini sudah dilakukan sejak tahun 2017. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh segenap pengurus masjid, mulai dari marbot, takmir, dan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) serta partisipasi aktif dan masyarakat sekitar. Ada sekitar 20 orang sukarelawan yang bertugas di tiap masjid.

Caption: Wakil Ketua DMI, Syafruddin dan Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin membuka peresmian bersih-bersih 2.130 masjid serentak di Pulau Jawa di Masjid Al-Mabrur Asrama Haji Pondok Gede. (Sumber: Republika)

 

Di tahun 2017 lalu, Andi menyampaikan bahwa program ini dilakukan di 1.001 masjid. Sedangkan tahun 2018 di 2.000 masjid. Tahun 2019 juga dilakukan di 2.000 masjid, tapi bedanya, tahun ini kegiatan dilakukan secara serentak, di satu waktu, dan melibatkan 100.000 sukarelawan. Hal inilah yang membuat Program Bersih-Bersih Masjid tahun 2019 memecahkan Rekor MURI. Penghargaan MURI ini diberikan di Istana Wakil Presiden, 20 April 2019.

 

Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla, berharap kegiatan ini dapat membuat ibadah selama bulan Ramadhan menjadi lebih nyaman. Suasana masjid yang bersih dapat menunjang kegiatan beribadah umat muslim. Hal ini sejalan dengan misi dan komitmen yang ingin dicapai oleh Unilever Indonesia, sebagai salah satu produsen produk perawatan rumah. Demi mendukung dan menyukseskan  program ini, melalui produk Wipol. Vixal, dan Super Pell, Unilever memberikan pelatihan kebersihan kepada pihak terkait serta menyumbangkan sejumlah peralatan kebersihan.

 

Dewan Masjid Indonesia melalui Program Bersih-Bersih Masjid sudah bergerak.  Yuk, jadikan kegiatan ini sebagai inspirasi untuk kamu juga memulai aksi membersihkan masjid di lingkunganmu!



Sumber:

https://www.dream.co.id/news/bersih-bersih-2000-masjid-dmi-pecahkan-rekor-muri-1904301.html

https://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/pqnwrq368/sambut-ramadhan-2130-masjid-dibersihkan-serentak

https://www.jawapos.com/photo/program-bersih-bersih-masjid/

http://www.moeslimchoice.com/read/2019/05/02/21319/gelar-aksi-bersih-bersih-2000-masjid-unilever-raih-penghargaan-muri

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/pqp5yt458/tiga-tujuan-dmi-pelopori-program-bersihbersih-masjid

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/pqp5yt458/tiga-tujuan-dmi-pelopori-program-bersihbersih-masjid

http://berita.baca.co.id/32141023?origin=search&n=23&pageId=c005e618-4

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer