Urutan Membaca Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah

Mon, 09 May 2016 10:31
Seorang-anak-sedang-membaca-doa-750x400.jpg

Doa buka puasa Ramadhan adalah doa yang akan selalu kita panjatkan selama satu bulan penuh di bulan suci ini. Setiap azan magrib berkumandang, tentunya semua orang mengawali buka puasanya dengan membaca doa dan kemudian barulah menyantap takjil dan menyeruput minuman yang seharian tadi begitu diidamkan.

 

Pentingnya Berdoa 

Dalam setiap aktivitas yang dilakukan selama 24 jam sehari, Islam mengajarkan untuk memulainya dengan membaca doa. Bahkan ada juga beberapa doa yang dibaca setelah selesai melakukan suatu kegiatan. Misalnya, setelah makan, setelah keluar dari kamar mandi, atau setelah bangun tidur.

 

Esensi dari doa adalah sebuah bentuk kepasrahan diri mengakui bahwa Allah lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, termasuk segala hal yang terjadi pada diri kita. Doa juga merupakan bagian dari ibadah. Seperti diriwayatkan oleh al-Nu’man bin Basyir, ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Doa adalah ibadah, kemudian beliau membaca ayat 60 surah Ghafir yang artinya, ‘Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada- Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina’.” (HR Tirmizi, Ibnu Majah, Abu Daud, al-Nasa’i, dan Hakim).

 

Doa Buka Puasa Ramadhan

Salah satu doa yang akan rutin dibaca secara serentak oleh semua umat muslim di seluruh dunia pada bulan Ramadhan adalah doa buka puasa. Jika selama ini doa berbuka yang kamu ucapkan adalah  “Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin” kini sebaiknya kamu mulai menggantinya dengan membaca:

 

 

 

yang artinya: “Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, serta pahala tetap (dicatat), insya Allah.”

 

Doa ini dibacakan setelah kita membatalkan puasa dengan seteguk air atau sebutir kurma, misalnya. Jadi urutannya adalah: 

  • Membaca Basmalah
  • Membatalkan puasa
  • Membaca doa buka puasa di atas

 

Yuk, hafalkan doa buka puasa Ramadhan di atas karena menurut para ulama doa tersebut lebih tinggi derajat hadisnya dibanding doa buka puasa yang selama ini kita bacakan. Artinya, hadisnya lebih kuat dan dipercaya lebih tepat mendekati apa yang dicontohkan  Rasulullah. Selamat menjalankan ibadah buka puasa!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer