4 Orang Yang Tidak Wajib Puasa. Siapa saja?

Fri, 26 May 2017 14:36

Meskipun puasa Ramadhan hukumnya wajib, ada 4 golongan orang yang tidak wajib puasa. Sebab Allah tak akan memberatkan hamba-Nya. Keempat golongan ini memiliki alasan kuat yang membuatnya mendapatkan ‘bebas tugas’ di bulan Ramadhan. Simak dengan baik penjelasan di bawah ini. Jika kamu tidak termasuk dalam golongan ini dan tidak memenuhi kriterianya, jangan mencari alasan untuk tidak berpuasa, lho!

1/ Orang yang sakit

Yang dimaksud orang yang sakit adalah seseorang yang mengidap penyakit sehingga membuatnya tidak lagi dikatakan sehat. Seperti apa yang bisa dikatakan sakit? Kondisi pertama, apabila sakitnya ringan dan tidak berpengaruh besar dalam aktivitasnya maka harus tetap berpuasa. Contohnya, adalah sakit batuk, pilek, pusing, atau sakit kepala ringan. Kondisi kedua, apabila sakitnya bisa bertambah parah atau bertambah lama sembuhnya jika berpuasa maka orang tersebut dianjurkan untuk tidak berpuasa. Kondisi ketiga, apabila orang tersebut tetap berpuasa maka akan menyusahkan dirinya sendiri, maka orang ini dianjurkan untuk tidak berpuasa. Satu hal yang harus digarisbawahi, jika orang tersebut sudah sembuh maka mereka tetap wajib mengganti puasanya di luar bulan Ramadhan sebanyak puasa yang ditinggalkannya.

2/ Orang yang bersafar (musafir)

Seseorang yang menjalankan perjalanan jauh atau disebut musafir diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan menggantinya saat perjalanannya selesai. Namun demikian, golongan orang-orang yang disebut musafir ini pun masih memiliki pilihan untuk tetap berpuasa. Berikut 3 kondisi bagi musafir di saat puasa. Kondisi pertama, jika berat untuk berpuasa atau sulit melakukan hal-hal yang baik ketika di perjalanannya, maka lebih utama untuk tidak berpuasa. Kondisi kedua, jika tidak memberatkan untuk berpuasa dan tidak menyulitkan untuk melakukan hal-hal baik ketika di perjalanannya, maka lebih utama untuk berpuasa. Kondisi ketiga, jika tetap berpuasa malah menyebabkan kematian bagi dirinya, maka lebih utama adalah wajib tidak berpuasa.

3/ Orang yang sudah renta

Orang tua yang sudah tidak mampu berpuasa, diperbolehkan baginya untuk tidak berpuasa dan tidak ada kewajiban untuk mengganti puasanya. Mayoritas para ulama sepakat bahwa cukup bagi mereka untuk membayar fidyah, yaitu dengan memberi makan kepada orang miskin sesuai dengan jumlah hari puasa yang ditinggalkannya.

4/ Wanita hamil dan menyusui

Dalam syariat Islam keringanan untuk tidak berpuasa juga diberikan kepada wanita hamil dan menyusui. Jika wanita hamil khawatir terhadap janin yang ada di kandungannya dan wanita menyusui khawatir terhadap bayi yang sedang disusuinya, maka diperbolehkan baginya untuk tidak berpuasa. Namun, aturan mainnya sama seperti orang sakit. Wanita hamil dan menyusui wajib mengganti puasa yang ditinggalkannya di hari lain, selain Ramadhan.

Orang tua atau kerabatmu ada yang masuk dalam golongan orang yang tidak wajib puasa? Coba berikan penjelasan ini kepada mereka. Jangan lupa juga untuk menjelaskan bagaimana cara membayar ‘hutang’ puasanya, ya.

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer