8 Golongan Yang Berhak Menerima Zakat. Yuk Kenali Siapa Saja Mereka?

Wed, 07 June 2017 18:22

Siapa saja golongan orang yang berhak menerima zakat? Zakat termasuk ke dalam rukun Islam dan sama halnya seperti shalat dan puasa. Oleh karena itu aturan main untuk mengeluarkannya pun sudah diatur dalam Al Quran. Zakat juga menjadi salah satu unsur penting dalam menegakkan syariat Islam. Sehingga zajat itu zakat hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu untuk berzakat.

 

Nah, dalam Islam zakat dibagi ke dalam dua macam, yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dilakukan umat muslim menjelang hari raya Idul Fitri atau pada bulan Ramadhan. Sedangkan zakat maal adalah zakat harta, termasuk salah satunya adalah zakat penghasilan Siapa saja golongan orang-orang yang berhak menerima zakat? Yuk, langsung simak!

 

1. Fakir

Golongan orang yang hampir tidak memiliki apapun sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokoknya. Karenanya mereka menjadi golongan yang berhak menerima zakat.

 

2. Miskin

Golongan orang yang memiliki sedikit harta. Golongan ini juga tidak bisa mencukupi kebutuhan dasar untuk hidupnya sehari-hari.

 

3. Amil

Amil adalah golongan orang yang mengumpulkan dan membagikan zakat. Golongan ini tetap berhak menerima zakat meskipun seorang yang kaya, tujuannya agar agama mereka dapat terpelihara.

 

4. Muallaf

Orang yang baru masuk atau baru memeluk agama Islam dan memerlukan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan baru.

 

5. Hamba Sahaya

Orang yang ingin memerdekakan dirinya.

 

6. Gharimin

Orang yang harus berhutang untuk memenuhi kebutuhannya, dengan catatan bahwa kebutuhan tersebut adalah halal. Namun, orang tidak sanggup membayar hutangnya. Karena hal tersebut mereka berhak menerima zakat.

 

7. Fisabilillah

Orang yang berjuang di jalan Allah.

 

8. Ibnu Sabil

Orang yang kehabisan biaya dalam perjalannya dan membutuhkan bantuan ongkos untuk sampai pada tujuannya.

 

Dengan kewajiban kita sebagai umat muslim untuk membayar zakat, tentu saja banyak juga kebaikan yang akan kita dapat. Beberapa diantaranya, yaitu:

 

1. Mempererat tali persaudaraan antara masyarakat yang kekurangan dengan yang berkecukupan

2. Mengusir perilaku buruk yang ada pada seseorang

3. Sebagai pembersih harta dan juga menjaga seseorang dari ketamakan akan hartanya

4. Ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan pada umatnya

 

Demikianlah golongan orang yang berhak menerima zakat. Menunaikan ibadah ini juga dapat memberikan ketenangan dan ketentraman, baik pada orang yang memberikan maupun orang yang menerima zakat.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer