Jangan Lupa Bayar Zakat Fitrah

Tue, 17 May 2016 14:49

Kamu pernah lupa bayar zakat fitrah? Sebaiknya tidak terjadi lagi, ya, karena pembayaran zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim.  Seperti yang dituliskan dalam hadis riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Al Hakim dari Ibnu Abbas: "Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari noda-noda perkataan dan perbuatan yang salah, dan untuk memberi makan kepada fakir miskin”.

Zakat adalah  Bagian dari Rukun Islam

Zakat fitrah merupakan bagian dari Rukun Islam yang wajib dilakukan oleh semua umat Islam di dunia. Dikutip dari pusat.baznas.go.id, kewajiban membayar zakat fitrah tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak hingga bayi.

Zakat fitrah wajib dibayarkan sebelum waktu mengerjakan salat Hari Raya Idul Fitri tiba. Jika zakat dibayar setelah salat hari raya, maka namanya jadi bukan zakat tapi menjadi sedekah biasa. Jumlah zakat yang wajib dikeluarkan yakni satu gantang, yaitu 4 cupak makanan atau lebih kurang 3,5 liter atau 2,5 kilogram. Zakat yang dikeluarkan berupa bahan makanan pokok, seperti kurma, gandum, beras, jagung, atau lainnya, tergantung kebutuhan di negara masing-masing.

 

Membayar Zakat Fitrah dengan Uang

Karena maksudnya untuk dibagikan kepada fakir miskin dan golongan yang berhak menerima zakat lainnya, maka pembayaran zakat fitrah dapat diganti dengan uang senilai bahan makanan itu. Setiap daerah mempunyai harga sendiri-sendiri untuk ukuran bahan makanan yang akan dizakatkan.

Zakat fitrah sebagaimana dikemukakan KH Ahmad Azhar Basyir MA dalam Hukum Zakat (1997), diberikan kepada fakir miskin di tempat pemungutannya. Jika terdapat kelebihan boleh dipindahkan ke tempat lain.

Hikmah yang terkandung dari zakat fitrah itu lebih besar daripada nilai zakat yang dikeluarkan. Dalam menghadapi kegembiraan hari raya, seorang muslim harus tetap mengingat nasib fakir miskin yang hidupnya tak seberuntung kita. Dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW menganjurkan, jika hendak membagi zakat fitrah atau zakat harta kepada fakir miskin, kenanglah lebih dulu fakir miskin dalam keluarga terdekat.

Jadi, bagaimana rencana bayar zakat fitrah kamu dan keluarga tahun ini? Supaya tidak lupa, yuk, segera tunaikan kewajiban zakat fitrah sekarang. Jangan tunggu sampai waktunya mepet, apalagi sampai kelupaan.

 

Sumber: www.liputan6.com

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer