3 Kisah Bulan Ramadhan Yang Penuh Inspirasi

Sun, 11 June 2017 12:05

 

Kisah bulan Ramadhan berikut, berisi tentang kisah perjuangan tokoh muslim dari 3 negara. Mereka tetap khusyuk menjalani ibadah puasa, sekalipun harus melakukan kegiatan sehari-hari yang berat. Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh pemeluk agama Islam di seluruh penjuru dunia. Sebab inilah momen yang paling tepat untuk memperbaiki kualitas iman.

Umat muslim menghabiskan bulan Ramadhan dengan menahan diri dari makan dan minum serta hawa nafsu sejak matahari terbit sampai matahari terbenam. Semua ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan takwa dan mendapatkan pahala yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Beberapa kisah tokoh berikut ini akan memberikan inspirasi, berapa pun beratnya ujian yang dihadapi saat bulan Ramadhan, selagi kita mampu dan bisa berpuasa, maka berpuasalah.

1/Chef Ahmed Daaji, Beirut, Lebanon

Umat muslim diwajibkan berpuasa selama bulan Ramadhan, dengan menghindari makan dan minum dari fajar sampai senja. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang bekerja pada bisnis makanan?

Ahmed Daaji adalah seorang koki ternama asal Lebanon. Ahmed bekerja sepanjang hari di sebuah restoran dan harus menyediakan berbagai menu berbuka untuk 300 orang setiap harinya. Tentu pekerjaan ini tidaklah mudah untuk dijalani, dia harus menggunakan insting dan keahliannya untuk memastikan masakannya memiliki rasa yang sesuai. Bahkan, dia harus menjadi orang terakhir yang merasakan kelezatan masakan yang diolahnya karena baru bisa menyantapnya saat waktu berbuka puasa tiba.

2/ Ali Gattoufi, Relawan Muslim dari Paris, Perancis

Kisah kedua, berasal dari Perancis yang merupakan rumah bagi komunitas muslim terbesar di Eropa. Negara ini juga mengalami peningkatan insiden anti-muslim serta serangan oleh ekstrimis Islam. Sebab itu, masyarakat di Perancis berharap Ramadhan menjadi momen untuk perdamaian.

Seperti yang dilakukan oleh sekelompok muslim di Paris yang Ali Gattoufi terlibat di dalamnya. Relawan mengorganisir kegiatan amal dengan menyiapkan menu berbuka puasa untuk lingkungannya. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan citra Islam yang indah di antara warga Perancis.

3/ Pemain Kriket Moeen Ali di Birmingham, Inggris

Bulan Ramadhan bukanlah hambatan bagi seseorang untuk melakukan olahraga. Moeen Ali adalah seorang atlet kriket yang mengaku pengalaman bertanding saat bulan puasa tidaklah menjadi hambatan baginya. Ali mengatakan, puasa tidak mempengaruhi kinerjanya di lapangan, bahkan meskipun ia harus menjalani puasa selama 19 jam. Karena bagi Ali, Ramadhan merupakan berkah yang diberikan kepada Umat Muslim. Di bulan ini, dia juga memanfaatkan waktu untuk banyak berdoa.

Semoga kamu dapat mengambil inspirasi dari kisah bulan Ramadhan di atas. Tularkan semangat dari ketiga tokoh tersebut agar kamu tak loyo menjalani ibadah puasa.

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer