Syarat dan Rukun Zakat yang Harus Diketahui Keluarga Muda

Sun, 19 May 2019 23:41

Kamu baru pertama kali mengurus zakat sendiri? Tentunya kamu harus memahami syarat dan rukun zakat terlebih dahulu. Sebagai salah satu Rukun Islam, zakat menjadi kewajiban bagi setiap muslim, termasuk kamu. Jika selama ini kamu memasrahkan urusan zakat pada orang tua, kini setelah memiliki keluarga sendiri, kamu tak lagi bisa ‘menitipkannya’ pada ayah atau ibumu, kan? Apa saja yang perlu kamu ketahui? 

Pengertian Zakat 

Menurut arti bahasa, zakat berarti tumbuh, berkembang, bertambah, atau subur. Maknanya adalah meskipun secara kasat mata dengan mengeluarkan zakat artinya kamu mengeluarkan sebagian harta, namun sebenarnya harta kamu bertumbuh. Sebab Allah SWT menjanjikan kebaikan, berkah, dan pahala dari setiap zakat yang kamu keluarkan. Keberkahan-Nya akan membuat hartamu akan selalu dicukupkan. 

Perintah untuk menunaikan zakat disebutkan beberapa kali dalam Al Quran, di antaranya adalah: “Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah berserta orang yang rukuk (QS. Al-Baqarah: 43)” dan “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (QS. At-Taubah: 103).” Makna menyucikan ini menunjukkan bahwa zakat adalah pembersih jiwa dari dosa dan segala bentuk pernbuatan buruk. 

Syarat Wajib Zakat 

Zakat hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang memiliki harta yang telah memenuhi kriteria atau syarat. Di dalam setiap harta yang dimiliki seorang muslim, ada hak fakir dan miskin yang harus ditunaikan zakatya. Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

Muslim  

Perintah ini hanya berlaku untuk pemeluk agama Islam dan zakat pun hanyadisalurkan kepada sesama muslim. 

 

Berakal sehat dan dewasa 

Zakat diwajibkan kepada orang yang berakal sehat dan yang sudah dewasa, sebab anak yang belum dewasa dan orang yang tidak berakal tidak mempunyai tanggung   jawab hukum 

zakat

Syarat zakat salah satunya adalah harta yang sudah mencapai nisab. (Foto: Shutterstock)  

Memiliki harta sendiri dan sudah mencapai nisab 

Nisab adalah batasan harta yang sudah mencapai jumlah tertentu yang ditentukan secara hukum agama. Harta tidak wajib dikeluarkan zakatnya apabila kurang dari ukuran tersebut. 

Cukup Haul 

Haul artinya adalah harta tersebut sudah ada atau sudah dimiliki selama satu tahun dalam penanggalan Islam. 

Bebas dari Hutang 

Persyaratan wajib zakat adalah apabila harta sudah melebihi dari kebutuhan primer dan haruslah pula cukup satu nisab yang sudah bebas dari hutang. 

 

rukun zakat

Rukun zakat yang harus dipenuhi sebagai kewajiban terhadap Rukun Islam. (Foto: Shutterstock)  

 

Rukun Zakat 

Rukun zakat adalah unsur-unsur yang harus terpenuhi sebelum melaksanakan zakat, yaitu meliputi orang yang berzakat, harta yang dizakatkan, dan orang yang berhak menerima zakat. Seseorang yang telah memenuhi syarat untuk berzakat harus mengeluarkan sebagian dari harta mereka dengan cara melepas hak kepemilikanya, kemudian diserahkan kepemilikanya kepada orang-orang yang berhak menerimanya melalui imam atau petugas yang memungut zakat (amil). 

 

Nah, sekarang kamu sudah lebih memahami tentang syarat dan rukun zakat, kan? Memasuki bulan Ramadhan ini, yuk, persiapkan zakatmu! 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer