5 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Bulan Puasa

Thu, 25 May 2017 18:17

Olahraga ringan saat puasa menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh selalu dalam kondisi fit dan prima. Jujur saja, banyak dari kita yang cenderung malas berolahraga karena tak sanggup mengatasi rasa haus dan lelah setelahnya. Jangan sampai hal tersebut menjadi penghalang kamu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, beberapa gerakan olahraga ringan ini bisa kamu praktekkan tanpa perlu khawatir rasa haus atau kelelahan. Yuk, simak beberapa gerakan ringan yang bisa kamu coba di rumah.

 

1. Jalan santai

Ternyata, jalan santai pun termasuk dalam kategori berolahraga! Dengan olahraga ringan seperti ini, tubuh tidak akan banyak mengeluarkan keringat yang tentu akan semakin mengurangi kadar air dalam tubuh. Selain itu, kesehatan tubuh juga akan tetap terjaga, terutama kesehatan jantung, otot, dan tulang. Kamu bisa berjalan santai di sore hari sambil mencari jajanan untuk berbuka atau berbelanja bahan untuk membuat sajian buka puasa sendiri di rumah.

 

2. Bersepeda

Selain jalan santai, bersepeda juga menjadi alternatif olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat puasa. Dengan bersepeda, kamu bisa menjaga tubuh tetap segar dan tidak mudah lesu saat berpuasa. Cobain deh, bersepeda saat pagi hari atau setelah sahur. Menghirup udara sejur dan segar di pagi hari membuat tubuh kamu lebih tenang dan bersemangat.

 

3. Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Jika ingin yoga saat berpuasa, kamu tak perlu melakukan gerakan yoga yang terlalu menguras energi. Cukup lakukan gerakan yoga ringan saat sore hari menjelang berbuka. Lakukan bersama beberapa teman agar semakin semangat! Setelahnya kamu bisa membuat kreasi Teh SariWangi untuk santapan berbuka bersama-sama.

 

4. Jogging atau treadmill ringan

Jogging bisa menjadi olahraga ringan yang baik dilakukan saat berpuasa. Kamu bisa ber-jogging di pagi atau sore hari selama 20-30 menit untuk menjaga tubuh tetap fit. Namun, harus tetap diingat, untuk melakukan jogging dengan intensitas ringan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang berlebihan.

 

5. Latihan beban

Latihan beban saat puasa? Ya, kamu tidak salah baca. Berlatih beban bisa menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat puasa. Tidak harus beban yang berat, kok. Pilih saja beban yang ringan dan tidak menguras energi kamu saat mengangkatnya. Lakukan gerakan secara perlahan agar otot tidak kram saat mengangkat beban. Sebaiknya lakukan olahraga ini saat menjelang waktu berbuka.

 

Sedikit tips tambahan, lakukan olahraga ringan ini di waktu-waktu yang tepat, seperti beberapa jam setelah sahur atau shalat subuh atau sore hari saat menjelang buka puasa. Hindari berolahraga dibawah terik matahari yang membuat tubuh rentan terkena dehidrasi. Jadi, sudah terbayang olahraga ringan apa yang akan kamu lakukan selama bulan puasa?

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer