9 Tips Berpuasa Agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar

Tue, 23 May 2017 20:59

Sudah tahu beberapa tips berpuasa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama bulan Ramadhan? Bulan puasa merupakan bulan yang paling dinanti-nanti oleh pemeluk agama Islam. Sayangnya, saat menjalani ibadah puasa ada saja keluhan-keluhan yang kerap terjadi. Sembelit dan kram perut, menjadi permasalahan yang paling banyak muncull karena tubuh kekurangan asupan serat atau terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak.

 

Untuk mengatasi masalah ini, yuk coba ikuti tips berpuasa dari Jamilah Binti Abd Jamil, Dosen dan Ahli Diet dari International Medical University Malaysia dan Anggota Asosiasi Ahli Gizi Malaysia, dikutip dari Ramadan.co.uk.

 

1. Konsumsi kurma saat berbuka

Setelah seharian berpuasa, hindari langsung menyantap makanan besar setelah kelaparan sepanjang hari. Sebaiknya, biasakan untuk menyantap 1 sampai 3 buah kurma dan meminum segelas air putih terlebih dahulu begitu adzan maghrib berkumandang. Mengkonsumsi langsung makanan besar hanya akan mengganggu sistem pencernaan kamu dan bisa saja berakhir pada mengonsumsi kalori secara berlebihan.

 

2. Jangan lewatkan sahur

Tidak sedikit orang yang melewatkan sahur agar bisa tidur lebih lama. Padahal, melewatkan sahur bisa membuat kondisi tubuh kita menurun pada siang harinya. Kita akan lebih mudah merasa pusing dan lemas. Tentunya menjalankan aktivitas dengan kondisi tersebut sangat tidak nyaman.

 

3. Minum lebih banyak cairan

Tahukah kamu, jika 60% tubuh kita terdiri dari air dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa? Untuk itu, tips berpuasa yang sangat penting untuk dilakukan adalah mencukupi kebutuhan cairan selama berpuasa. Minumlah teratur di malam hari dan selama sahur, untuk membantu terhindar dari dehidrasi.

 

4. Konsumsi karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat sederhana

Sebaiknya perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks, seperti beras merah, oats, dan beras hitam pada saat sahur. Karbohidrat kompleks mampu membuat tubuh kenyang lebih lama dan selalu penuh energi dalam menjalankan aktivitas. Sedangkan karbohidrat sederhana, seperti gula pasir, madu, atau sirup jagung terlalu cepat dipecah oleh tubuh untuk digunakan sebagai energi.

 

5. Makan makanan seimbang

Pastikan setiap asupan kita selalu memenuhi semua kelompok makanan yang diperlukan. Misalnya saja nasi merah, ayam, tahu, tempe, sayuran, buah-buahan, dan segelas air putih atau Buavita favorit kamu. Dengan asupan seimbang seperti ini, keluhan yang kerap terjadi di bulan Ramadhan tidak akan kamu rasakan. Tapi ingat, konsumsi asupannya dalam jumlah yang tidak berlebihan, ya.

 

6. Hindari kafein

Sebaiknya hindari minum minuman berkafein, seperti kopi dan teh, pada saat puasa. Tingginya kadar kafein pada kopi dipercaya mampu meningkatkan produksi air seni atau urine sehingga bisa lebih sering buang air kecil dan kehilangan cairan tubuh. Untuk itu, usahakan mengurangi minuman berkafein secara berlebihan sebagai tips berpuasa kamu.

 

7. Hindari minuman manis

Tanpa kita sadari, minuman manis yang kerap dikonsumsi di bulan Ramadhan mampu memenuhi 1.000 Kalori yang dibutuhkan tubuh per hari. Agar terhindar dari kenaikan berat badan selama puasa, kita harus menjaga agar energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk. Sebagai pengganti minuman manis, kamu bisa memilih segelas air putih atau infused water.

 

8. Lihat Al-Quran

Jamilah menyarankan kita untuk melihat referensi dari ayat-ayat di Al-Quran apabila tidak yakin makanan apa saja yang baik disantap saat berpuasa. Di situ disebutkan, Rasulullah SAW selalu mengonsumsi susu, kurma, domba, dan gandum agar tubuhnya tetap sehat selama berpuasa. Tentunya, diimbangi dengan buah-buahan seperti zaitun, mentimun, buah ara, anggur, dan lentil. Demikian juga dengan ikan. Islam memperbolehkan kita menyantap ikan, dan wajib memasukkannya ke dalam menu harian.

 

9. Tidur yang cukup

Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya karena kita akan bangun untuk sahur. Tidur setelah sholat tarawih menjadi waktu yang tepat untuk tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Kurang beristirahat bisa mempengaruhi kerja otak kita dan dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

 

Nah, setelah membaca semua tips berpuasa, jangan lupa untuk selalu diingat agar tetap bugar menjalani bulan Ramadhan ini ya.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer