Bau Mulut Saat Hamil? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Thu, 16 June 2016 13:38

Ibu hamil seringkali mengalami masalah bau mulut selama masa kehamilannya. Sama halnya dengan mual dan pegal, masalah ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari ibu hamil. Karena itu, penting, nih, untuk dicari tahu penyebab dari bau mulut ini. Setelah itu, baru, deh, bisa mencari cara untuk mengatasinya. Cek pembahasannya di bawah ini. 

Penyebab Bau Mulut Pada Ibu Hamil 

  1. Morning Sickness 

Hampir 80% ibu hamil mengalami morning sickness di trimester awal kehamilannya. Rasa mual hingga muntah membuat ibu hamil mengeluarkan makanannya yang sudah bercampur dengan asam lambung. Sisa muntahan yang tersangkut di gigi dan mulut inilah yang bisa menyebabkan bau mulut. 

  1. Perubahan Hormonal

Saat hamil, hormon estrogen semakin meningkat. Level hormon estrogen yang meningkat ini ternyata menimbulkan berbagai gangguan di tubuh, termasuk munculnya plak di gigi. Plak yang bercampur dengan bakteri akan mengeluarkan bau yang tak sedap.  

  1. Dehidrasi

Perkembangan janin dan pembentukan air ketuban di rahim membuat ibu hamil membutuhkan banyak cairan. Jika kurang minum, maka bahaya dehidrasi bisa mengancam. Salah satu tanda dari dehidrasi adalah munculnya bau mulut.    

  1. Kekurangan Kalsium

Selain cairan, kalsium juga termasuk zat yang terserap oleh janin. Kalsium sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Jika kekurangan kalsium, gigi akan lebih mudah berlubang sehingga bakteri pun menumpuk di mulut. 

  1. Masalah Kesehatan

Bau di mulut juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lain di tubuh ibu hamil. Kemungkinan ada gangguan di pencernaan atau ginjal yang perlu dicek lebih lanjut. Coba konsultasikan dengan dokter langganan kamu. 

 

Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Ibu Hamil 

  1. Rutin ke Dokter Gigi

Selain ke dokter kandungan, ibu hamil sebaiknya juga rutin ke dokter gigi untuk perawatan kesehatan gigi dan mulut, terutama untuk membersihkan plak serta menambal gigi yang berlubang. Dokter juga akan merekomendasikan perawatan gigi yang tepat, khusus untuk ibu hamil. 

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting bagi ibu hamil. Gosoklah gigi pada pagi dan malam hari dengan Pepsodent. Bersihkan mulut dengan benar sehabis muntah supaya tidak ada sisa muntahan yang tertinggal.  

  1. Memperbanyak Minum 

Perbanyak minum, tak perlu menunggu haus. IBu hamil bahkan harus lebih banyak minum air dibanding saat sebelum hamil. Dehidrasi bukan hanya bikin bau mulut, tapi juga bisa membahayakan kondisi bayi dan ibunya. 

  1. Menjaga Asupan Makanan

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi penting. Jadi, jagalah asupan makanan yang masuk ke tubuh. Perbanyak makan sayuran, buah, daging, dan dairy product. Sehingga tak akan kekurangan zat mineral, vitamin, protein, dan kalsium.  

  1. Check up Kesehatan 

Ibu hamil juga harus memeriksa kesehatan tubuh secara menyeluruh untuk melihat apakah ada masalah lain yang mengakibatkan munculnya bau mulut. Karena kondisi kesehatan tubuh yang menurun bisa mempengaruhi perkembangan janin. Selalu sampaikan ke dokter jika merasa ada yang kurang enak di badan. 

 

Bau mulut saat hamil bisa jadi salah satu alarm yang harus diperhatikan. Mulailah lebih merawat kebersihan gigi dan mulut, serta menjaga nutrisi yang masuk ke tubuh.   

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer