5 Manfaat Makan Kurma di Bulan Puasa yang Wajib Kamu Tahu

Fri, 13 May 2016 14:54

Mungkin banyak yang belum tahu soal manfaat makan kurma bagi tubuh. Di bulan puasa ini, rasanya kurang lengkap bila tak mengonsumsi kurma sebagai takjil saat berbuka puasa. Dengan nutrisi yang lengkap ditambah kandungan gula yang aman, pengidap diabetes sekalipun aman mengonsumsi buah kesukaan Nabi Muhammad ini. Seperti dikutip dari sebuah situs online, berikut manfaat makan kurma bagi kesehatan:

1. Mengandung karbohidrat tinggi dan menyehatkan pencernaan

Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 Kalori. Hampir semua kalorinya berasal dari karbohidrat. Itu sebabnya mengonsumsi kurma setelah berpuasa seharian mampu menggantikan kebutuhan energi yang tidak didapat selama berjam-jam menahan haus dan lapar. Selain itu kurma juga dapat membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Terbukti, kurma seringkali dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil demi memudahkan proses pencernaan selama masa kehamilan.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Kamu perlu mengonsumsi makanan yang tepat selama sahur supaya selama berpuasa tubuh tetap bugar . Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan, ada cara mudah untuk mengembalikan fokus selama puasa, yakni makan kurma. Ya, hasil penelitian menunjukkan, kurma dapat meningkatkan fungsi otak termasuk membantu menurunkan jumlah hormon kortisol (hormon stres).

3. Menurunkan kolesterol

Tim ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan, orang yang puasa dengan mengonsumsi kurma selama Ramadhan mengalami pengurangan kolesterol dalam darah. Dengan begitu, peneliti menyimpulkan, puasa dan kurma dapat menurunkan kolesterol serta meningkatkan kesehatan jantung.

4. Detoksifikasi

Dengan tidak makan atau minum selama beberapa jam, tubuh secara otomatis akan mendetoksifikasi sistem pencernaan. Apalagi bila kamu mengonsumsi buah kurma. Kandungan tinggi fruktosa yang mudah dipecah menjadi energi membuat tubuh lebih sehat selama puasa. Kurma juga mengandung vitamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat serta diperkaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt, dan zinc.

5. Mengandung banyak nutrisi

Saat puasa, tubuh akan mengalami peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang memungkinkan otot-otot kamu untuk menyerap dan membutuhkan lebih banyak nutrisi. Dengan mengonsumsi kurma, kamu akan mendapatkan nutrisi lengkap.

 

Nah, jadi tahu, kan, betapa banyak manfaat makan kurma bagi kesehatan, terutama di bulan Ramadhan? Mulai sekarang kamu bisa mencari ide resep berbahan kurma agar tak lekas bosan menyantapnya langsung!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer