Agar Semangat Puasa Kamu Bertahan Sepanjang Hari

Wed, 11 May 2016 18:22

Perlu diakui, semangat puasa kerap menurun saat kegiatan sehari-hari diisi dengan kesibukan yang cukup padat. Selama bulan puasa tubuh memang lebih cepat kehabisan tenaga meski tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Menahan lapar dan haus selama seharian penuh dan harus mengerjakan banyak pekerjaan, membuat tubuh jadi sulit fokus dan konsentrasi. Agar semangat puasa kamu tetap membara saat melakukan kegiatan sehari-hari, yuk, coba lakukan beberapa hal berikut.

 

1. Berpikir Positif

Keadaan fisik tubuh nyatanya tak hanya bergantung pada isi perut. Isi pikiran kamu juga mengambil andil terhadap kesehatan fisik. Agar semangat puasa tetap menyala, hindari pikiran negatif tentang berpuasa. Selalu ingat bahwa puasa adalah kewajiban umat muslim dan banyak pahala yang bisa kamu dapat saat menjalaninya.

 

2. Makan sahur dan minum air putih yang cukup

Santapan sahur merupakan cadangan energi yang dibutuhkan tubuh agar mampu menjalani puasa selama sehari penuh. Selalu penuhi asupan sahur kamu dengan nutrisi dan gizi yang seimbang agar tak mudah lesu saat menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa untuk minum air putih delapan gelas sehari (saat sahur dan berbuka). Jika merasa perlu, kamu bisa menambahkan konsumsi multivitamin setelah sahur. Saat berbuka, kamu bisa mengembalikan semangat puasa kamu dengan menyantap segelas Teh SariWangi manis hangat dan sepotong martabak tahu udang.

 

3. Istirahat yang cukup

Walaupun harus bangun lebih awal untuk sahur, bukan berarti jam istirahat kamu harus berkurang. Siasati dengan tidur lebih awal agar mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Kurang istirahat hanya akan membuat tubuh cepat letih, lemas, mengganggu konsentrasi, dan daya ingat saat menjalani aktivitas. Saat jam makan siang, kamu juga bisa menggunakan waktu ini untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan aktivitas.

 

4. Olahraga saat puasa

Siapa bilang bulan puasa tak bisa berolahraga? Kamu tetap bisa melakukan olahraga meski sedang berpuasa. Hanya saja, kamu perlu memperhatikan waktu, durasi, dan jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan. Biasanya sesudah sahur, sesaat sebelum berbuka, dan setelah berbuka menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga Tak perlu melakukan olahraga berat. Cukup olahraga ringan, seperti bersepeda, jalan santai, yoga, hingga latihan beban ringan. Melakukannya juga tak perlu lama-lama, cukup 30 menit setiap harinya. Selain mempertahankan semangat puasa, kesehatan dan kebugaran tubuh juga akan tetap terjaga sepanjang hari. Gerakan olahraga ringan ini tetap membuat kamu sedikit berkeringat. Untuk itu, selalu ingat untuk membasuh tubuh dengan sabun Lux sebelum melanjutkan aktivitas.

 

Selama kamu rutin melakukan hal-hal tersebut, bisa dipastikan semangat puasa kamu akan tetap tinggi hingga suara bedug menggema. Tak akan ada lagi momen lesu di keseharianmu.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer