8 Cara Atasi Bau Mulut Secara Alami Saat Berpuasa

Mon, 13 June 2016 14:37

Menjelang Ramadhan, pelajari cara atasi bau mulut ini agar tetap percaya diri selama menjalankan ibadah puasa. Permasalahan bau mulut dapat dialami oleh siapa saja walaupun tidak semua orang menyadarinya. Udara yang kita hembuskan dari mulut berjalan horizontal sementara udara yang kita hirup berjalan vertikal, sehingga banyak orang tidak mampu mendeteksi permasalahan yang dialaminya.

 

Bau mulut sendiri dapat disebabkan oleh proses patologis maupun fisiologis. Salah satu saat bau mulut terjadi secara fisiologis adalah ketika kita bangun tidur, atau dikenal dengan istilah morning breath. Hal ini disebabkan karena saat kita tidur terjadi penurunan produksi air liur dan berkurangnya proses pembersihan mulut.

 

Jika tidak disertai dengan gangguan kesehatan lain, timbulnya bau mulut secara fisiologis ini dapat segera diatasi dengan melakukan pembersihan mulut atau berkumur dengan air segar. Namun pertanyaan lain yang timbul adalah, bagaimana cara agar kita dapat mempertahankan kondisi bebas bau mulut ini sepanjang hari? Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rajin menyikat gigi dengan pasta gigi Close up menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Selain itu cara-cara alami berikut juga tak kalah bermanfaat.

 

1. Membersihkan lidah

Cara terbaik membersihkan lidah adalah dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus dengan gerakan memutar yang lembut. Cukup lakukan di bagian depan dan tengah lidah supaya tidak merangsang rasa mual.

 

2. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mencegah hiposalivasi dalam rongga mulut. Disarankan untuk mengunyah permen karet yang mengandung sorbitol untuk mengurangi resiko terjadinya karies.

 

3. Konsumsi buah dan sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut

Mengkonsumsi buah dan sayur, seperti apel, wortel, seledri, dan jeruk sangat baik bagi kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Cara mengkonsumsi yang disarankan adalah dengan pengunyahan, karena dapat meningkatkan produksi air liur yang merupakan pembersih mulut alami.

 

4. Mengunyah rempah-rempah

Rempah-rempah tradisional seperti kayu manis, cengkeh, ketumbar dan jintan bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap secara alami. Rempah-rempah ini juga disarankan untuk dikonsumsi dengan cara dikunyah.

 

5. Rehidrasi rongga mulut

Minum segelas air putih segar merupakan pilihan yang lebih sehat daripada mengkonsumsi kopi atau teh yang bersifat diuresis. Minumlah air putih secara bertahap dalam porsi yang tidak kurang namun juga tidak berlebihan. Hal ini akan mencegah terjadinya dehidrasi pada mulut yang dapat menimbulkan bau tak sedap.

 

6. Hindari bernapas melalui mulut (mouth breathing)

Kondisi ini dapat membuat mulut menjadi kering dan menimbulkan bau tak sedap. Sebaiknya hindari bernapas melalui mulut selama bulan puasa, ya.

 

7. Hindari makanan dan minuman yang menyengat

Agar bau mulut tak menghampiri, sebaiknya hindari rokok, alkohol, minuman, dan makanan yang dapat menyebabkan mulut berbau tidak sedap, seperti petai, jengkol, dan bawang.

 

8. Jaga kesehatan mulut

Hindari terjadinya kerusakan pada gigi dan gusi selama bulan puasa. Kunjungi dokter gigi secara berkala untuk pencegahan gigi berlubang dan radang gusi yang merupakan penyebab bau mulut tak sedap.

 

Selain 8 cara atasi bau mulut tersebut, kamu juga bisa berkumur dengan larutan penyegar di tengah-tengah waktu berpuasa agar napas segar sepanjang hari. Bau mulut? Bye bye!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer