Ingin Bumbu Gulai Kambing Meresap Sempurna? Lakukan 3 Langkah Mudah Ini!

Sun, 19 May 2019 21:54
01F_Bumbu-gulai-kambing750x400.jpg

Kunyit, pala, cengkih, kayu manis, ketumbar, dan pekak, merupakan sebagian rempah yang wajib digunakan sebagai bumbu gulai kambing. Saat Lebaran tiba, selain opor ayam, sambal goreng kentang, dan rendang, sajian gulai kambing juga kerap ditunggu-tunggu. 

  

Sepintas sajian gulai memiliki tampilan dan karakter rasa yang sama dengan kari. Nyatanya, kedua sajian ini memiliki sedikit perbedaan dalam hal penggunaan rempah kala memasak. Kari menggunakan tambahan daun kari atau daun salam koja untuk mendapatkan aroma rempah yang lebih kuat. 

  

Sedikit tentang kari, sajian ini merupakan hidangan khas Asia Selatan khususnya India, yang menyebar hingga ke Asia Barat, Asia Timur, dan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Cita rasa kari yang penuh bumbu ternyata cocok dengan lidah lokal, khususnya warga Melayu. 

Namun, penyesuaian rasa tetap dilakukan karena banyak rempah-rempah khas India yang dirasa terlalu kuat sehingga dihilangkan dari racikan rempah. 

  

Kari versi Indonesia yang juga disebut gulai dikemas dengan rempah yang lebih ringan sehingga aroma dan rasanya tak setajam kari India. Daging ayam, bebek, sayur, ikan, jeroan, dan daging kambing kerap digunakan sebagai bahan utama hidangan gulai. 

  

Kunci kelezatan pada hidangan gulai tentunya terletak pada racikan bumbu halus dan rempah aromatik yang dimasak secara perlahan bersama daging. Selain itu, bumbu yang berhasil meresap sempurna hingga ke dalam daging juga menjadi tolak ukur kesuksesan mengolah hidangan gulai. Jika kamu ingin menghadirkan sajian gulai kambing, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bumbu gulai kambing meresap sempurna. 

Ragam rempah yang digunakan untuki bumbu gulai kambing. (Foto: Shutterstock)

1. Rempah kualitas terbaik

Sebelum menambahkan bahan-bahan lain, pastikan untuk menumis bumbu gulai hingga harum terlebih dahulu. Selalu pastikan untuk menggunakan rempah-rempah segar berkualitas untuk hidangan gulai kambing kamu. Daging kambing dikenal sebagai salah satu protein beraroma cukup kuat. Untuk menyamarkan aromanya, kamu bisa menambahkan jumlah takaran rempah yang digunakan. 

 

2. Santan kelapa tua

Penggunaan santan instan saat mengolah hidangan gulai sebenarnya tidak dianjurkan. Akan lebih baik jika kamu menggunakan santan segar perasan sendiri yang berasal dari santan kelapa tua. Santan segar berperan penting sebagai penyumbang rasa gurih dan sedap pada kuah gulai. Selain itu, santan segar juga memiliki rasa manis natural yang akan membuat sajian gulai kambing kamu semakin lezat! Namun, jika tak sempat mencari santan segar, tak apa jika kamu menggunakan santan instan. Cukup perbanyak jumlah takaran bumbu untuk meningkatkan rasa gulai kambing. Jangan lupa juga untuk menambahkan Royco Kaldu Sapi agar rasa gulai kamu semakin nikmat. 

 

Masak secara perlahan agar bumbu gulai kambing menyerap sempurna. (Foto: Shutterstock)

3. Memasak secara perlahan

Tentu kamu sudah familiar, memasak menggunakan santan dalam jumlah cukup banyak memerlukan proses pengadukan secara konsisten. Tak lupa juga proses memasak harus dilakukan dengan api kecil untuk mencegah santan menjadi pecah. Selain itu, memasak secara perlahan juga bisa mengempukan daging dan membuat bumbu gulai kambing meresap sempurna. 

  

Hidangan gulai memiliki kandungan minyak cukup tinggi yang berasal dari minyak alami santan. Peralatan memasak tentu tak lepas dari noda minyak membandel. Setelah selesai memasak gulai, bersihkan seluruh peralatan memasak dengan cairan pencuci piring Sunlight Jeruk Nipis yang mampu mengangkat noda minyak dalam seketika. 

  

Untuk persiapan Lebaran nanti, kamu bisa mempersiapkan bumbu gulai kambing beberapa waktu menjelang Lebaran. Kemas bumbu dalam plastik atau wadah kedap udara dan simpan dalam freezer agar kesegaran bumbu tetap terjaga.  

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer