Kunci Resep Opor Ayam Spesial untuk Hidangan Hari Raya Lebaran

Sat, 11 May 2019 11:23
01F_Resep-opor-ayam-spesial750x400.jpg

Semarak Lebaran tentu terasa kurang afdal tanpa kehadiran resep opor ayam spesial buatan sendiri. Pasangan sejati dari ketupat, sambal goreng, dan sayur labu ini memang dijadikan bintang utama atau primadona di hari besar yang dirayakan oleh umat muslim kebanyakan di Indonesia.

Kekayaan alam Indonesia rupanya juga turut menjadikan bumbu-bumbu yang ada di hidangan opor di tiap rumah berbeda, seperti opor ayam putih yang tidak menggunakan kunyit, opor ayam kuning, opor ayam pedas khas Padang - Sumatera Barat, sampai opor ayam bakar yang memiliki tampilan berbeda. Semuanya tentu memiliki cita rasa yang sama lezatnya, dan tentu saja menjadi kesenangan lainnya dalam bersilaturahmi.

Selain mengutamakan penggunaan bahan segar dan berkualitas, menyajikan resep opor ayam yang sedap sama sekali tidak memiliki sulit. Tidak ada trik khusus yang wajib dipahami. Bahkan bayangan dapur yang berpotensi berantakan karena membuat hidangan ini juga akan sirna, jika kamu mengikuti beberapa trik berikut.

Gunakan bumbu dan rempah berkualitas baik

Penggunaan bumbu dan rempah segar tentunya akan berpengaruh banyak pada hasil akhir masakan. Agar aroma bumbu lebih keluar, giling keseluruhan bumbu menggunakan cobek atau ulekan berbahan dasar batu. Benar kata orang tua, hasil bumbu menggunakan cobek lebih sedap ketimbang blender. Kenapa? Karena proses menekan sekaligus menghaluskan bumbu menggunakan cobek mampu mengeluarkan minyak yang terkandung dalam bumbu. Jika kamu menggunakan blender yang tentu lebih praktis, haluskan bumbu bersama minyak sebagai pengganti air agar cita rasa bumbu kamu tidak terasa hambar.

Menggunakan ayam jenis kampung atau ayam pejantan

Di antara banyak jenis ayam yang tersedia di pasaran, seperti ayam organik, broiler, ayam pejantan hingga ayam kampung, jenis dua ayam yang disebutkan belakang dinilai sebagai jenis ayam yang paling baik dalam pembuatan resep opor ayam spesial kreasi kamu.

Siapapun pasti tahu, kan, jika opor yang semakin lama dipanaskan akan semakin lezat? Nah, karena tekstur ayam kampung dan ayam pejantan memiliki tekstur yang lebih liat dan keras dibandingkan ayam negeri, maka proses pengolahan yang memakan waktu lama tersebut tidak akan membuat daging ayam hancur, melainkan membuat bumbu ayam meresap ke dalam ayam sekaligus menghasilkan tekstur yang empuk dan juicy.

 

Penggunaan dua jenis santan, menjadi kunci gurihnya sajian resep opor ayam spesial buatan kamu

Penggunaan dua jenis santan, menjadi kunci gurihnya sajian resep opor ayam spesial buatan kamu. (Foto: Shutterstock)

Gunakan kombinasi dua jenis santan

Opor yang nikmat memiliki cita rasa gurih khas ayam dan santan. Akan lebih mantap jika kamu menggunakan dua jenis santan, kental dan cair. Gunakan perbandingan 1:4 dalam resep opor ayam spesial buatan kamu. Masak ayam dan bumbu hingga harum, lalu tuangkan dengan santan cair di atas api kecil. Masak hingga ayam ¾ matang. Agar cita rasanya semakin mantap, tambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam sebagai penguat rasa. Setelah itu, baru tuangkan santan kental dan aduk seluruh bahan opor ayam, dan masak kembali hingga bahan matang dan santan mulai mengeluarkan minyak.

Ternyata kunci kelezatan dalam membuat resep opor ayam spesial tidak sesulit yang dibayangkan, ya? Setelah memasak, jangan lupa untuk membilas keseluruhan peralatan memasak dan dapur dengan Sunlight Jeruk Nipis yang efektif membasmi minyak dan lemak sekaligus. Jadi, sudah percaya diri, kah, untuk menghidangkan opor ayam spesial di Hari Raya Lebaran tahun ini?

 

 

 

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer