Resep Gulai Daun Singkong Jodohnya Ketupat Hari Raya

Sat, 11 May 2019 23:04
01F_resep-gulai-daun-singkong750x400.jpg

Variasi resep gulai daun singkong sangat beragam. Mulai dari menambahkan kecombrang untuk menyumbang rasa harum saat proses pemasakan, menambah cabai merah giling agar warnanya semakin mengundang selera, hingga menambahkan taburan bawang goreng, rebon, ataupun ikan teri goreng di akhir penyajian yang semakin memperkaya rasa. Tak jarang sajian gulai daun singkong, banyak disukai dalam menu sehari-hari.

 

Nikmat disantap bersama ketupat

Resep gulai daun singkong merupakan sayur pendamping yang tepat untuk teman ketupat di Hari Raya Lebaran. (FotoShutterstock) 

 

Melimpahnya makanan yang hadir di Hari Raya Lebaran, sudah tentu harus diimbangi dengan asupan serat yang juga memadai. Menyandingkan gulai daun singkong atau yang kerap disebut daun ubi di masyarakat Sumatera sebagai teman bersantap ketupat, sah-sah saja dilakukan. Yuk, intip resep gulai daun singkong istimewa yang tentunya tepat disandingkan dengan potongan ketupat nanti.

 

Resep Gulai Daun Singkong

Bahan-bahan:

3 ikat daun singkong, ambil bagian muda

3 siung bawang putih, cincang kasar

3 butir bawang merah, iris tipis

3 sdm cabai merah, haluskan

5 lembar daun salam

1 lembar daun kunyit

5 buah cabai merah keriting, iris serong

1 sdt kunyit bubuk

1 sdm Royco Kaldu Sapi

½ sdt garam

¼ sdt gula

250 ml santan cair

Air

Minyak sayur

Pelengkap:

100 g teri basah, goreng hingga kering

 

Cara Membuat:

1. Rebus daun singkong sampai empuk . Angkat dan tiriskan.

2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai berbau harum. Tambahkan cabai giling, daun salam dan daun kunyit. Aduk sampai seluruh bahan tercampur rata.

3. Tambahkan santan, lalu tambahkan daun singkong rebus dan cabai iris.

4. Tambahkan kunyit bubuk, Royco Kaldu Sapi, garam dan gula. Lalu masak kembali sampai matang dan angkat. Sajikan dengan taburan teri goreng kering.

 

Tips Sukses Membuat Gulai Daun Singkong

Suasana Idul Fitri tidak lengkap rasanya tanpa hidangan serba santan. (Foto: Shutterstock) 

 

Tak hanya nikmat dan sarat nutrisi, menampilkan sajian resep gulai daun singkong di Hari Raya Lebaran akan semakin berkesan jika kamu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

 

1. Daun singkong terdiri dari dua jenis, yang berdaun besar memiliki getah yang lebih banyak, sehingga harus mengalami dua kali perebusan. Sedangkan daun singkong jawa memiliki ukuran daun yang lebih kecil dengan permukaan halus dan rona hijau muda yang lebih banyak. Pilih daun singkong dengan jenis yang paling terakhir.

 

2. Sebelum merebus, pisahkan tangkai dari daun untuk menghilangkan rasa tidak sedap saat disantap. Tambahkan sedikit minyak goreng dan garam agar warna daun tetap segar.

 

3. Pastikan untuk mengeluarkan seluruh air di daun singkong, agar bumbu dapat menyerap sempurna saat proses pemasakan kedua.

 

Menghidangkan sajian berbahan dasar serat seperti resep gulai daun singkong ini merupakan pilihan yang pas sebagai pendamping ketupat di Hari Raya Lebaran, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan serat tetapi juga bisa menjadi alternatif sajian untuk tamu yang sedang tidak menyantap hidangan berbahan dasar daging.

 

Agar terasa istimewa, jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Sapi dalam sajian resep gulai daun singkong buatanmu, ya. Selamat berkreasi!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer