5 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Yang Bisa Kamu Coba

Mon, 06 May 2019 21:38

Tips bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah memang selalu diburu para pelancong. Apalagi jika di kalender terlihat banyak hari libur Nasional dan hari ‘kejepit Nasional’, liburan seru pasti langsung terbayang di depan mata. Agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah, sebaiknya perhatikan beberapa cara berikut. Pas banget karena sebentar lagi libur Lebaran akan tiba. Yuk, langsung saja disimak beberapa caranya.

 

Pastikan tanggal keberangkatan menjadi salah satu cara mendapatkan tiket pesawat murah. (Foto: Shutterstock)

Pastikan tanggal keberangkatan menjadi salah satu cara mendapatkan tiket pesawat murah. (Foto: Shutterstock)

 

1. Periksa tanggal spesial dan tentukan destinasi

Periksa tanggal-tanggal libur Nasional yang bisa diagendakan untuk liburan dari jauh-jauh hari. Hal ini bisa menjadi cara utama kamu untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Jangan lupa menentukan destinasi dan sesuaikan dengan kondisi cuaca pada saat itu. Beberapa daerah wisata terkadang lebih menarik atau aman dikunjungi di bulan-bulan tertentu, misalnya daerah yang juga membutuhkan perjalanan laut. 

Kunjungi situs maskapai penerbangan dan situs pemesanan tiket jauh sebelum hari H untuk dapat memonitor harga tiket. Sesuaikan dengan tanggal keberangkatan dan destinasi. Kamu bisa membandingkan harga beberapa situs maskapai penerbangan dengan situs pemesanan tiket. Salah satu keuntungan memesan tiket jauh-jauh hari adalah biasanya harga tiket yang ditawarkan masih tergolong murah.

Hindari keberangkatan di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu karena tiket pesawat di hari-hari tersebut biasanya dijual dengan harga cukup mahal. Mungkin satu atau dua hari sebelum dan sesudah libur Nasional bisa jadi hari keberangkatan yang tepat. Kalau begitu, kamu juga wajib siap mengajukan cuti, ya!

2. Beli tiket keberangkatan terlebih dahulu

Umumnya harga tiket pesawat pulang-pergi dtawarkan dengan harga yang lebih murah. Namun jika harga tiket pesawat pulang yang tertera cukup tinggi, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli tiket untuk perjalanan pergi terlebih dahulu. Tiket untuk perjalanan pulang bisa kamu pesan di hari-hari berikutnya ketika harga sudah sesuai di kantong.

Selain membeli tiket secara terpisah, kamu juga bisa memanfaatkan tiket perjalanan transit. Harga tiket transit sebenarnya tidak selalu lebih murah dari tiket perjalanan langsung (direct). Namun, ada baiknya kamu mencoba membandingkan terlebih dahulu harga keduanya. Hitung-hitung berapa besar perbedaan harga yang ditawarkan. Perhatikan juga lamanya transit agar kamu dapat mempersiapkan diri.

Waktu perjalanan yang cukup lama dan melelahkan dengan perjalanan transit terkadang membuat kita merasa kurang percaya diri karena tubuh jadi semakin lama tidak tersentuh air dan sabun. Agar tetap segar, selalu gunakan Rexona sebelum menempuh perjalanan. Kamu akan tetap merasa nyaman dan percaya diri tanpa khawatir dengan masalah bau badan.

3. Selalu sigap dengan penawaran terbaru

Sigap dengan penawaran dari maskapai penerbangan dan biro perjalanan bisa menjadi cara mendapatkan tiket pesawat murah. Kamu bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan newsletter atau dengan rajin mengunjungi acara travel fair yang diadakan oleh maskapai penerbangan dan travel agent. Destinasi kamu mungkin saja tidak mendapatkan promo untuk tiket pesawat murah. Tapi tak perlu sedih, baik travel agent atau maskapai penerbangan biasanya menawarkan beberapa pilihan destinasi yang tak kalah seru, kok!

Selain mengunjungi travel fair, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar tiket pesawat murah melalui social media. Maskapai penerbangan, travel agent, hingga penyedia jasa mini travel, biasanya memiliki promo khusus untuk liburan singkat yang bisa kamu intip lewat akun media sosial mereka.

 

Cara mendapatkan tiket pesawat murah untuk momen liburan kamu. (Foto: Shutterstock)

Cara mendapatkan tiket pesawat murah untuk momen liburan kamu. (Foto: Shutterstock)

 

4. Gunakan keuntungan sebagai member

Menjadi member atau pelanggan sebuah maskapai penerbangan memang memiliki keuntungan sendiri. Contohnya saja dalam rupa poin yang terkumpul selama kamu melakukan perjalanan dengan maskapai tersebut. Nantinya poin bisa ditukarkan sebagai potongan harga saat kamu memesan tiket pesawat selanjutnya. Kamu jadi bisa mendapatkan tiket dengan harga murah atau bahkan gratis.

 

5. Cek tiket secara online? Gunakan mode ‘penyamaran’

Kerap bingung mengapa harga tiket pesawat yang baru saja diperiksa menjadi lebih mahal dalam hitungan menit? Contoh yang kerap terjadi, saat pertama kamu mengunjungi sebuah situs maskapai penerbangan, harga tiket yang tertera sejumlah Rp750.000. Untuk memiliki perbandingan harga, tentu kamu segera mengunjungi situs penerbangan lain. Sayangnya ketika kembali ke situs awal, harga tiket pesawat sudah berubah menjadi Rp900.000.

Beberapa situs pemesanan tiket pesawat memang menerapkan sebuah sistem untuk membaca aktivitas perencanaan liburan kamu. Destinasi tujuan kamu bisa dipelajari untuk mengubah harga tiket pesawat dan mendorong kamu untuk melakukan pembelian sesegera mungkin. Agar terhindar dari sistem seperti ini, sebaiknya gunakan mode private, incognito, atau mode penyamaran yang tersedia di browser kamu.

 

Kira-kira, adakah salah satu cara mendapatkan tiket pesawat murah di atas yang sudah pernah kamu coba? Selamat berlibur! Pastikan untuk tetap menjaga kecantikan kulit agar liburan kamu tetap seru dan cantik, ya!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer