Tiket Pesawat Surabaya-Jakarta Mahal? Mudik Pakai Tol Trans Jawa, Yuk!

Fri, 10 May 2019 00:50

Harga tiket pesawat Surabaya Jakarta yang meroket jelang Lebaran memang tak bisa dihindari. Ketersediaan tiket rute ini juga kerap kali habis dalam waktu singkat. Jangan sampai niatan untuk mudik surut hanya karena harga tiket pesawat yang mahal atau tak kebagian tiket pesawat. Kamu masih bisa menggunakan tol Trans Jawa sebagai alternatif jalur darat untuk perjalanan mudik kali ini.

Sejak jalan bebas hambatan ini diresmikan pada akhir tahun 2018, waktu tempuh Surabaya- Jakarta dan sebaliknya melalui jalan darat terpangkas secara signifikan. Apakah kamu pernah melakukan perjalanan rute ini melalui darat sebelumnya? Dulu, perjalanan ini bisa memakan waktu lebih dari 20 jam! Dengan adanya tol Trans Jawa, perjalanan yang berjarak kurang lebih 800 kilometer ini bisa ditempuh dalam waktu 10 – 12 jam saja.

Waktu tempuh tersebut sudah termasuk waktu istirahat di rest area, loh. Selalu ingat untuk mengambil waktu istirahat agar kondisi tubuh tetap prima di perjalanan jauh ini. Kamu bisa berjalan-jalan di rest area untuk menghilangkan rasa pegal atau sekedar membasuh muka dengan sabun wajah Pond’s agar wajah tetap cerah sepanjang hari.

Sebuah situs financial lokal pernah membuat contoh skema perhitungan biaya bahan bakar untuk perjalanan Surabaya Jakarta melalui jalan darat. Hasilnya, kamu memerlukan dana berkisar Rp600.000 – Rp800.000 untuk satu kali perjalanan. Sedangkan untuk biaya tol kamu membutuhkan sekitar Rp750.000 untuk sekali perjalanan.

mudik pesawat

Kehabisan tiket pesawat Surabaya- Jakarta? Jalur darat via tol Trans Jawa kini jadi alternatif seru dan hemat. (Foto: Shutterstock)

Jika dijumlahkan, biaya yang harus dikeluarkan untuk perjalanan pulang pergi tentu akan jauh lebih murah dibanding harus membeli tiket pesawat untuk seluruh anggota keluarga. Mudik lewat jalur darat memang paling seru jika dilakukan beramai-ramai. Contohnya saja bersama keluarga besar. Atau jika kamu belum berkeluarga, cari saja teman yang melakukan perjalanan searah dengan tujuan kamu.

Arus lalu lintas mudik memang tak bisa ditebak. Bisa saja perkiraan waktu tempuh meleset dari yang diharapkan. Agar tak bosan di perjalanan panjang ini, yuk, susun acara untuk singgah sambil berwisata kuliner di beberapa kota berikut.

Cirebon

Jika kamu mampir ke kota Cirebon, jangan lupa untuk mencicipi sajian populer empal gentong dan nasi jamblang. Nasi jamblang bisa kamu beli sebagai bekal sahur kamu selama di perjalanan. Pilih saja lauk yang tak mudah rusak, seperti ayam goreng, ayam bakar, tempe atau tahu goreng, atau ikan goreng. Nikmat disantap dengan cocolan sambalnya yang khas. Ada banyak penjual nasi jamblang yang bisa kamu mampiri di kota ini.

 

Tegal

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi kota Tegal tanpa menyantap hidangan sate kambing batibul atau semangkuk sauto, sambil ditemani dengan secangkir teh poci. Sebagai bekal untuk melanjutkan perjalanan, jangan lupa untuk membungkus sedikit tahu aci yang nikmat disantap beramai-ramai. Tahu khas Slawi-Tegal ini paling enak disantap selagi panas dengan ditemani cabai rawit.

 

Pekalongan

Nasi megono menjadi salah satu kuliner khas yang ditawarkan kota Pekalongan. Nasi megono merupakan nasi campur dengan aneka lauk, seperti lauk nangka muda, tempe, hingga ikan goreng. Selain berwisata kuliner, kamu juga bisa berbelanja batik khas Pekalongan. Siapa tahu bisa jadi buah tangan kamu untuk keluarga.

 

Semarang

Siapa yang tak kenal dengan lumpia, kuliner populer asal Semarang. Meski memiliki aroma yang khas dari penggunaan rebung, kuliner ini masih memiliki banyak penggemar. Salah satu yang terkenal adalah kios lumpia di Gang Lombok. Kamu juga bisa membawa lumpia ini sebagai bekal di perjalanan. Lumpia Semarang tersedia dalam 2 versi, lumpia basah dan lumpia goreng. Kamu lebih suka yang mana?

 

pasar

Bisa mengunjungi pasar tradisional di beberapa kota singgah adalah keuntungan yang didapat jika kamu kehabisan tiket pesawat Surabaya-Jakarta. (Foto: Shutterstock)

Solo

Kunjungi Ngarsopuro Night Market saat singgah di kota ini. Kamu bisa jalan-jalan melihat beragam pernak-pernik hingga mencicipi aneka kuliner khas Solo yang lezat. Es gempol sepertinya segar ya, untuk buka puasa? Atau kamu juga mau menikmati nasi liwet dan selat solo?

 

Gimana, seru, kan, perjalanan lewat jalur darat? Sudah, tak perlu kesal lagi jika tak punya tiket pesawat untuk mudik. Sekarang waktunya menyusun jadwal, kota-kota mana saja yang akan kamu singgahi. Selalu waspada selama perjalanan, agar mudik tetap menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer