Cara Menghilangkan Debu Dari Kamar Agar Kamu Tidak Gampang Sakit

Fri, 16 June 2017 11:19

 

Cara menghilangkan debu dari kamar seringkali tidak dilakukan secara benar dan efektif. Akibatnya tubuh pun jadi rentan terkena penyakit, terutama penyakit pada saluran pernafasan ataupun penyakit pada kulit. Apalagi jika kamu termasuk tipe sensitif yang alergi pada debu dan sedang berada dalam kondisi yang kurang fit. Bersin, tenggorokan gatal, batuk, dan gatal-gatal merupakan efek yang disebabkan oleh alergi debu.

Mungkin kamu tidak menyadarinya, lebih dari 90% debu yang ada di rumah berasal dari luar seperti debu jalanan. Sebagian kecil berasal dari debu juga bisa diakibatkan oleh kertas, kain, dan bahkan pakaian-pakaian berbahan dasar kulit. Debu ini bisa menempel di berbagai tempat, mulai dari dinding, langit-langit, perabotan rumah tangga, serta di bagian-bagian yang sulit dibersihkan, seperti di karpet dan di sofa. Selain itu, debu juga bisa mengapung di udara dan menempel di kipas angin.

Oleh karena itu, agar rumah bebas debu, kamu bisa menerapkan beberapa cara menghilangkan debu dari kamar dengan cara mudah berikut ini!

1. Membersihkan kamar dari debu dengan vacuum cleaner

Debu sering kali sulit dihilangkan. Saat dibersihkan dengan cara yang kurang tepat, debu justru malah beterbangan sehingga kebanyakan debu-debu tersebut sebenarnya tidak keluar rumah melainkan kembali menempel di beberapa perabotan. Untuk itu menggunakan vacuum cleaner adalah cara paling tepat untuk membersihkan debu.

2. Rajin mengepel dan mengelap

Debu tidak bisa dibersihkan dengan hanya menyapu. Kamu juga harus mengepel lantai setelah menyapu karena ini adalah cara paling efektif untuk menangkap debu dan sisa-sisa kotoran yang tidak ikut tersapu. Agar lebih segar, kamu bisa mengunakan pembersih lantai Wipol

Gunakan kain pel yang mudah menyerap air agar debu dan kotoran mudah tertangkap pada kain pel. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kolong lemari atau sofa karena bagian itu jarang tersentuh sehingga biasanya debu sudah tebal menempel. Sedangkan untuk perabotan, bebaskan dari debu dengan menggunakan lap basah yang diikuti dengan lap kering.

3. Perhatikan di bagian karpet dan sofa

Untuk membersihkan karpet dari debu, kamu tidak hanya dapat mengandalkan vacuum cleaner untuk sekedar menghisap debu biasa. Akan lebih baik jika vacuum cleaner yang dipakai benar-benar kuat dan bisa mengikat dan menyapu karpet sekaligus. Begitu juga jika kamu memiliki sofa yang terbuat dari bahan-bahan seperti kain microfiber, Anda harus rutin membersihkannya dengan menggunakan vakum.

4. Jemur karpet dan kasur sebulan sekali

Setidaknya sekali dalam sebulan, kasur dan karpet harus dijemur di bawah terik sinar matahari. Hal ini untuk menghilangkan bakteri dan kuman pada karpet dan kasur. Setelah dijemur, kamu juga harus memukul-mukulnya dengan menggunakan pemukul khusus, seperti yang terbuat dari rotan, agar debu bisa berguguran. Jangan lupa juga untuk mengganti seprai dan sarung bantal gulingnya.

5. Membersihkan debu dengan kain microfiber

Ini merupakan salah satu cara membersihkan debu rumah yang paling efektif. Gunakanlah kain microfiber yang sudah dibasahi sebelumnya. Cara ini sangat efektif untuk mengangkat debu karena debu cenderung lebih mudah menempel di kain tersebut.

Jika semua langkah cara menghilangkan debu dari kamar bisa dengan rutin dikerjakan, niscaya kamu pun akan lebih jarang terkena penyakit. Coba,deh!

 

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer