Pembersih Aluminium Racikan Sendiri untuk Mencuci Peralatan Dapurmu

Wed, 11 May 2016 18:04

 

Banyaknya ragam pembersih aluminium yang ada di pasaran terkadang malah membuat kita bingung dalam memilih racikan yang paling ampuh. Jika koleksi peralatan dapur berbahan aluminium kamu cukup banyak, kamu pasti sangat memerlukan pembersih yang efektif dalam mengatasi problem utama peralatan dari aluminium, yaitu mudah menjadi kusam, berubah warna, serta mudah tergores oleh produk pembersih.

Aluminium merupakan logam ringan memerlukan perawatan khusus saat akan dibersihkan. Terutama saat memasak hidangan berlemak seperti gulai, opor, ataupun rendang, tentu akan berimbas pada rasa malas dalam membersihkan berbagai noda yang tersisa dari proses pemasakan.

Bahan aluminium sendiri harus dibersihkan secara rutin dan dicuci dengan segera setelah pemakaian. Selain bahaya berkarat, jarangnya membersihkan perangkat aluminium juga tidak baik untuk kebersihan makananmu. Nah, untuk menghindari hal ini, ada baiknya kamu menyiapkan racikan pembersih aluminium milikmu di rumah!

Cara membersihkan alat masak aluminium

Siapkanlah cairan pembersih aluminium yang terbuat dari cuka dan air panas dengan komposisi 50:50. Tuang cairan ke dalam panci atau wajan, taruh di atas kompor menyala, biarkan hingga mendidih, dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas panci atau wajan dengan air bersih.

Untuk bagian luar panci, isi baskom dengan cairan pembersih Sunlight Jeruk Nipis 100, lalu tempatkan panci atau wajan di dalamnya hingga semua permukaan luarnya terendam cairan. Diamkan selama 10 menit. Cairan pembersih akan melunakkan bagian menghitam dan kotoran pada permukaan luar panci atau wajan kamu sehingga jadi lebih mudah digosok dan dibersihkan.

Cara membersihkan peralatan dapur elektronik

Untuk barang-barang berukuran besar atau perangkat elektronik yang tidak boleh terkena cairan, buatlah cairan pembersih aluminium dengan mencampur air hangat dan sabun cuci piring, lalu usapkan pada permukaan barang menggunakan kain. Gosok perlahan untuk menghapus noda membandel. Keringkan secara tuntas memakai handuk atau kain guna mencegah munculnya noda bercak air kering. 

Bagian tersulit dalam perawatan aluminium adalah mengembalikan kilaunya sekaligus memperkecil kemungkinan terjadinya goresan dan bercak air kering setelah dibersihkan. Lebih baik taburkan atau usapkan sedikit bubuk soda kue pada permukaan aluminium, lalu gosok memakai kain microfiber. Gosokan yang disertai sedikit tekanan akan lebih cepat mengembalikan kilaunya. Agar lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih Vixal untuk mengatasi hal ini.

Hanya dengan sedikit meluangkan waktu untuk meracik pembersih aluminium, peralatan dapur berbahan aluminium yang pudar warnanya akan bersinar kembali. Bahan-bahannya udah didapat, caranya pun praktis. Yuk, coba terapkan.

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer