Resep Soto Ayam Bening Menu Andalan yang Akan Jadi Favorit Saat Sahur

Sat, 11 May 2019 23:38
13_Resep-Soto-Ayam-Bening,-Menu_750x400.jpg

Mencari resep soto ayam bening terlezat mungkin bisa membuat kita sedikit kewalahan. Pasalnya, satu dari 5 hidangan yang termasuk ke dalam kategori ikon kuliner Nusantara ini resepnya bervariasi. Beda daerah, beda juga versinya. Ada Soto Ayam khas Semarang, Soto Ayam khas Boyolali, hingga Soto Ayam Ambengan dan Soto Ayam Lamongan dari Jawa Timur.

 

Salah satu rahasia kelezatan untuk semua jenis soto ayam adalah kaldunya. Kaldu ayam yang pekat menjadi kunci lezatnya kuah soto kamu. Membuat kaldu tidak boleh terburu-buru supaya sari ayam yang gurih dapat keluar perlahan secara maksimal. Ayam kampung memberikan keunikan rasa kaldu yang istimewa. Tapi kalau tidak ada, kamu juga bisa, kok, menggunakan ayam negeri.

 

Sajian soto selalu jadi favorit banyak orang karena sajian ini sarat isi, segar, dan bergizi tinggi. Karena itu, hidangan soto ayam bening tentu baik untuk menjaga nutrisi selama menjalankan aktivitas sehari-hari di bulan Ramadhan. Karenanya, menampilan soto ayam bening sebagai sajian sahur adalah pilihan yang tepat. Ikuti panduan resep di bawah ini untuk mendapatkan cita rasa soto ayam yang istimewa!

soto ayam

Resep ayam soto bening ternyata tidak memerlukan teknik yang sulit. Salah satu rahasia lezatnya adalah kuah kaldunya. (Foto: Shutterstock) 

 

Resep Soto Ayam Bening

Bahan-bahan:

1 kg dada ayam kampung

100 g soun, seduh, tiriskan

100 g taoge, seduh, tiriskan

2 liter air

Minyak

Bumbu:

7 siung bawang putih, haluskan

2 cm jahe, bakar, haluskan

2 lembar daun jeruk

2 butir kemiri, haluskan

1 cm kunyit, bakar, haluskan

3 batang serai, memarkan

½ sdt merica butiran, sangrai, haluskan

2 sdt garam

Pelengkap:

Daun seledri

Bawang merah goreng

Sambal cabai rawit

Jeruk nipis

Bango Kecap Manis

 

Cara Membuat Soto Ayam Bening:

1. Didihkan air, rebus ayam kampung dengan lengkuas dan daun salam.

2. Masak hingga ayam empuk. Angkat daging ayam, goreng setengah kering, suwir-suwir dagingnya.

3. Tumis bawang putih, kunyit, kemiri, jahe dengan 1 sendok makan minyak goreng hingga harum. Tuang tumisan bumbu ke dalam rebusan kaldu ayam. Tambahkan serai, lada, garam dan daun jeruk, aduk rata. Didihkan kembali. Angkat.

4. Siapkan mangkuk saji, atur soun, suwiran daging ayam, tauge. Tuang kuah soto panas di atasnya. Sajikan dengan taburan daun seledri dan bawang goreng. Hidangkan bersama sambal rawit, Bango Kecap Manis, dan jeruk nipis.

 

Resep soto ayam bening apapun akan terasa lebih istimewa jika disantap dengan pelengkapseperti perkedel, sate keranghingga kerupuk(Foto: Shutterstock) 

 

Pendamping Sajian Soto Ayam Bening

Kurang pas rasanya jika kamu menyantap soto ayam bening tanpa ditemani dengan beberapa jenis lauk pelengkap seperti di bawah ini:

 

1. Perkedel kentang

Agar lebih mengenyangkan, lengkapi sajian soto ayam bening dengan perkedel kentang. Untuk membuatnya, kupas kentang, lalu rebus hingga lunak. Setelah itu lumatkan kentang, lalu tambahkan berbagai macam bumbu seperti garam, merica, dan Royco Kaldu Sapi. Aduk rata semua adonan. Jika suka, dapat juga ditambahkan dengan daging kornet ke dalam campuran adonan. Bentuk bulat adonan perkedel, lalu celupkan ke dalam telur kocok. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna cokelat keemasan.

 

2. Sambal dan Kerupuk

Dua hal yang tidak boleh terlewat oleh orang Indonesia, yakni sambal dan kerupuk. Untuk membuat sambal secara mudah, kamu bisa merebus cabai merah terlebih dahulu hingga lunak, lalu proses hingga halus dengan tambahan bawang putih, garam, dan merica. Cita rasa soto ayam bening yang cenderung gurih akan semakin mantap saat ditemani oleh kerupuk udang yang memiliki tone sedikit manis.

 

3. Telur Rebus

Menambahkan potongan telur rebus sebagai pendamping sajian soto ayam bening, tidak hanya akan menambah tekstur rasa, tetapi juga membantu menjaga kebutuhan protein setelah menjalankan puasa seharian penuh.

 

4. Aneka sate

Mulai dari sate usus, ati ampela, hingga kerang dapat menambah kelezatan dari soto ayam bening buatanmu. 

 

Menjaga nutrisi selama sebulan berpuasa, sudah tentu harus dibarengi dengan sajian yang bernutrisi tinggi. Semoga resep soto ayam bening yang tidak membutuhkan teknik sulit ini bisa menjadi pilihan sajian sahur untuk anggota keluargamu, ya!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer